Kemampuan Memecahkan Masalah dan Hasil Belajar Kognitif Melalui PBL pada Materi Sistem Respirasi

Ability to Solve Problems and Cognitive Learning Outcomes Through PBL on the Topic of Respiratory System

Authors

  • Desi Sri Lestari Universitas PGRI Semarang
  • Muhammad Syaipul Hayat Universitas PGRI Semarang
  • Rivanna Citraning Rachmawati
  • Moch. Ansori

DOI:

https://doi.org/10.22437/biodik.v9i3.28159

Abstract

The ability to solve problem of students in the 21st century is very important. This study aims to determine the ability to solve problems and cognitive learning outcomes of students with the PBL (Problem Based Learning) learning model. The method used is a qualitative approach to descriptive research. Techniques for collecting data on the results of LKPD answers and learning outcomes tests. The sample of this research was 36 students in class XI MIPA 8 at SMA Negeri 2 Semarang. The results of the research on students' problem solving abilities obtained a percentage of 77% in the good category. Meanwhile, cognitive learning outcomes for students are higher, with an average of 90 compared to KKM (Minimum Completeness Criteria), which is 80.

Key words: Solving problems, PBL, Cognitive learning outcomes

 

Abstrak
Kemampuan memecahkan masalah pada peserta didik di abad 21 ini sangat penting. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan memecahkan masalah dan hasil belajar kognitif peserta didik dengan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning). Metode yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data hasil jawaban LKPD dan tes hasil belajar. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA 8 di SMA Negeri 2 Semarang berjumlah 36 orang. Hasil penelitian kemampuan memecahkan masalah pada peserta didik didapatkan persentase 77% dengan kategori baik. Sedangkan, hasil belajar kognitif pada peserta didik lebih tinggi yaitu dengan rerata 90 dibandingkan dengan KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yaitu 80.

Kata kunci: Memecahkan masalah, PBL, Hasil belajar kognitif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Asiyah, Adrian Topano, & Ahmad Walid. (2021). Pengaruh Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah danHasil Belajar Kognitif Siswa SMA Negeri 10 Kota Bengkulu. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(3), 717–727. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i3.263

Asyhar, B. (2023). Kajian Analisis Model Pembelajaran Inkuiri – Infusi untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Focus ACTion Of Research Mathematic, 6(1), 1–20. https://doi.org/10.30762/f

Bahri, A., Putriana, D., & Idris, I. S. (2018). Peran PBL dalam Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah Biologi. Jurnal Sainsmat, VII(2), 114–124. http://ojs.unm.ac.id/index.php/sainsmat

Budianti, D. A., Roshayanti, F., Hayat, M. S., & Syafiq, M. A. (2022). Profil Kemampuan Memecahkan Masalah Peserta Didik MA Darul Muqorrobin pada Pembelajaran Biologi. Jurnal Kualita Pendidikan, 3(1), 2774–2156.

Handayani, R., & Priatmoko, S. (2013). PENGARUH PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING BERORIENTASI HOTS (Higher Order Thinking Skills) TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS X. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 7(1), 1051–1062.

Haryan, E. H. W., Minarti, I. B., & Nurdianawati, S. (2023). PENGGUNAAN PENGASAPAN DALAM PEMBELAJARAN (PEMECAHAN MASALAH). Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(2), 28–34.

Idris, I. S., Bahri, A., & Putriana, D. (2018). Pemberdayaan Keterampilan Pemecahan Masalah dalam Pembelajaran Biologi Melalui PBL. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi, 647–651.

Luthfiah, D. S., Windyariani, S., & Setiono. (2023). Kemampuan Memecahkan Masalah Siswa Melalui Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition berdasarkan Gender. BIODIK, 9(1), 13–20. https://doi.org/10.22437/bio.v9i1.19233

Palennari, M., Lasmi, L., & Rachmawaty, R. (2021). Keterampilan Pemecahan Masalah Peserta Didik: Studi Kasus di SMA Negeri 1 Wonomulyo. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 5(2), 208–216. https://doi.org/10.33369/diklabio.5.2.208-216

Purba, U. M. B., Sijabat, A., & Lumbangaol, S. T. . (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving terhadap Hasil Belajar Kognitif Fisika Siswa di SMA Negeri 5 Pematang Siantar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4, 4149–4162.

Rachmawati, M., Ermawaty, I. ratna, & Ferawati. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Double Loop Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa. In JIPS: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains (Vol. 1, Issue 2). http://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/jips

Situmorang, R. M., Muhibbuddin, & Khairil. (2015). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA. Jurnal EduBio Tropika , 3(2), 51–97.

Stehle, S.M., & Burton, E.E. 2019. Developing student 21st century skills in selected exemplary inclusive stem high schools. International Journal of STEM Education, 6(39):1- 15.

Supiandi, Markus Iyus dan Hendrikus Julung. (2016). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Biologi SMA. Jurnal Pendidikan Sains, 4(2), 60 – 64.

Wibawa, Ramadhan Prasetya dan Dinna Ririn Agustina. (2019). Peran Pendidikan Berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) Pada Tingkat Sekolah Menengah Pertama di Era Society 5.0 Sebagai Penentu Kemajuan Bangsa Indonesia. Jurnal EQUILIBRIUM, 7(2), 137 – 141.

Wulandari, B dan Herman Dwi Surjono. 2013.Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Ditinjau Dari Motivasi Belajar PLC Di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi. Vol 3(2). Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta.

Downloads

Published

2023-09-27

How to Cite

Lestari, D. S. ., Hayat, M. S. ., Rachmawati, R. C. ., & Ansori, M. . (2023). Kemampuan Memecahkan Masalah dan Hasil Belajar Kognitif Melalui PBL pada Materi Sistem Respirasi: Ability to Solve Problems and Cognitive Learning Outcomes Through PBL on the Topic of Respiratory System. BIODIK, 9(3), 14-22. https://doi.org/10.22437/biodik.v9i3.28159