Pengembangan Modul Digital Berbasis Google Sites pada Materi Sistem Pertahanan Tubuh Kelas XI

(Developing Digital Module Based Google Sites for Material Immune System for 11th Grade of Senior High School)

Authors

  • Camilla Masyita Yusha Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Listika Yusi Risnani Universitas Muhammadiyah Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.22437/biodik.v9i3.27678

Abstract

This research aims to produce a valid and practical web-based digital module (using Google Sites) for the topic of the immune system for the eleventh grade of senior high school. This study is a Development Research using the ADDIE model (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). The instrument used was a questionnaire. The data collection technique for this research was in the form of a questionnaire. The data obtained were analyzed using the quantitative descriptive analysis technique. The research results show that the developed web-based digital module on Google Sites received a "excellent" assessment from subject matter experts, media experts, teachers, and students. This module is proven feasible to be used as an effective learning tool in studying the immune system topic in Biology. The validity evaluation indicates that the assessment by subject matter experts obtained a total score of 3.89 (very good). In contrast, the assessment by media experts obtained a total score of 3.65 (very good). The practicality evaluation from regular school teachers received a total score of 3.75 (very good), and boarding school teachers received a total of 3.85 (very good). The assessment results from regular and boarding school students received a total score of 3.75 (very good). In conclusion, this web-based digital module product (using Google Sites) has been successfully developed and considered feasible as a learning tool for the Biology topic of the immune system for eleventh-grade senior high school. Based on this conclusion, further research is needed to determine the module's effectiveness in Biology teaching.

Key words: Biology, Google Sites, Digital Module, Development Research, Immune System

 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul digital berbasis web (google sites) yang valid dan praktis pada materi sistem pertahanan tubuh kelas XI SMA. Penelitian ini merupakan Penelitian Pengembangan (Development Research) dengan mengadopsi model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Instrumen yang digunakan adalah angket. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dalam bentuk angket. Analisis data yang diperoleh pada penelitian ini dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul digital berbasis web google sites yang telah dikembangkan mendapat penilaian "sangat baik" dari ahli materi, ahli media, guru, dan peserta didik. Modul ini terbukti layak digunakan sebagai media pembelajaran yang efektif dalam mempelajari materi sistem pertahanan tubuh pada pelajaran Biologi. Uji validitas menunjukkan bahwa penilaian oleh ahli materi memperoleh skor total 3.89 (sangat baik), sementara dari ahli media memperoleh skor total 3.65 (sangat baik). Evaluasi kepraktisan dari guru sekolah reguler memperoleh skor total 3.75 (sangat baik) dan dari guru sekolah asrama memperoleh skor total 3.85 (sangat baik). Hasil uji penilaian dari peserta didik sekolah reguler dan asrama sama-sama memperoleh skor total 3.75 (sangat baik). Dapat disimpulkan bahwa produk modul digital berbasis web (google sites) ini telah berhasil dikembangakan dan layak digunakan sebagai modul pembelajaran Biologi materi sistem pertahanan tubuh kelas XI SMA untuk materi sistem pertahanan tubuh. Berdasarkan kesimpulan tersebut perlu adanya penelitian lebih lanjut untuk mengetahui keefektifan modul dalam pembelajaran Biologi.

Kata kunci: Biologi, Google Sites, Modul Digital, Penelitian Pengembangan, Sistem Pertahanan Tubuh

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anglada, D. (2007). An Introduction to Instructional Design: Utilizing a Basic Design Model. Retrieved June 25, 2019, from http://www.pace.edu/ctlt/newsletter

Anwar, e. a. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Tematik Terpadu Berbasis Kearifan Lokal Kabupaten Semarang Sumenep Kelas IV Subtema Lingkungan Tempat Tinggalku. Jurnal Pendidikan, 2(10), 1291-2997.

Bambang. (2019). Pengembangan Media Google Sites dalam Bimbingan Klasikal di SMAN 1 Sampung. Jurnal Nusantara of Research, 5(2), 78-87.

Branch, R. M. (2009). Instructional Design - The ADDIE Approach. New York: Springer.

Febrianti, K. V. (2017). Pengembangan Modul Digital Fisika Berbasis Discovery Learning Pada Pokok Bahasan Kinematika Gerak Lurus. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta.

Gay, L. R. (1991). Educational Evaluation and Measurement: Com-patencies for Analysis and Application. Second Edition. New York: Macmillan Publishing Compan.

Hasan, M. (2021). Media Pembelajaran. Klaten: Tahta Media Grup.

Herawati, N. S. (2018). Pengembangan Modul Elektronik (e-modul) Interaktif Pada Mata Pelajaran Kimia Kelas XI SMA. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(2), 180-191.

Jendral, D. (2008). Pengembangan Mutu Pendidikan dan Tenaga Teoritis dan Praktik. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Krisnawati, T. (2014). Pengembangan Multimedia Pembelajatan untuk Mata Pelajaran Biologi di SMA. Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif, 4(2), 10-11.

Kurniati, T. (2021). Respon Guru Terhadap Kendala Proses Pembelajaran Biologi di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(1), 40-46.

Kusnandar, A. (2008). Pemanfaatan TIK untuk Pembelajaran. Jakarta: Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan Nasional.

Mulyatiningsih, E. (2011). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Yogyakarta: Alfabeta.

Prastowo, A. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Tinjauan Teoritis dan Praktik. Jakarta: Pranadamedia Grouop.

Pratama. (2021). Pengembangan Media Interaktif Berbasis Android Berbantuan Ispring dan Website 2 Apk Builder Kelas IV Tema Tema 6 di SD/MI . Lampung: UIN Raden Intan Lampung.

Rahmaniah, W. &. (2023). Modul Digital Matematika Berbasis Metakognitif untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SD. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 7(1), 169–176.

Rahmatika, A. (2022). Pengembangan Virtual Laboratory Sebagai Media Penunjang Praktikum Biologi Materi Metabolisme PAda PEmbelajaran Tatap Muka (PTM) Terbatas. Purwokerto: Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Rahmawati, F. &. (2021). Analisis Media Digital Video Pembelajaran Abad 21 Menggunakan Aplikasi Canva Pada Pembelajaran IPA. Jurnal Basicedu, 5(6), 6271-6279.

Risnani, L. Yusi, & Adita, A. (2018). Game Edukasi Digital Untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPA. The 8 Th University Research Colloquium 2018 Universitas Muhammadiyah Purwokerto, 378.

Rita C., R. (2009). Develomental Reserch : Studies of Instruktional Design and Development. Michigan, Amerika : Macmillan - Wayne State University.

Setyawan, B. (2019). Pengembangan Media Google Site dalam Bimbingan Klasikal di SMAN 1 Sampung. Jurnal Nusantara of Research, 5(2), 78-87.

Sobon, K. e. (2019). Pengaruh Penggunaan Smartphone Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar di Kecamatan Mapanget. Autentik: Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 3(2), 97-106.

Sri Mayanty, I. M. (2018). Pengembangan E-modul Fisika berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Ketrampilan Proses Sains Siswa SMA. Quantum : Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika. Yogyakarta: eminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika, Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Susanti, E. (2021). Pengembangan E-Modul berbasis Flip PDF Coorporate Pada Materi Luas dan Volume Bola. RANGE : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 37-46.

Suwarto, S. M. (2021). Pemanfaatan Media YouTube sebagai Media Pembelajatan Pada Siswa kelas XII di SMA Negeri Tawangsari. Media Penelitian Pendidikan: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran, 15(1), 26-30.

Syafiahulhaq, N. (2022). Pengembangan Modul Digital Pada Materi Sistem Eksresi Kelas XI SMA Sebagai Media Pembelajaran Interaktif. Purwokerto: Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Tarihoran, E. (2019). Guru Dalam Pengajaran Abad 21. Malang: Program Studi Pendidikan dan Pengajaran Agama .

Trianto. (2009). Mendesain Pembelajaran Inovatif-Progresif Prosedur. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Trisya, W. (2021). Pengembangan E-Modul Bahasa Indonesia Kelas XII dengan FLIP PDF Profesional Sebagai Alternatif Pembelajatan di Tengah Pandemi Covid. Inovasi Jurnal Diklat Keagamaan, 15(1), 35-41.

Wahyuni, S. W. (2022). Pengembangan Mobile Learning Module Berbasis Android untuk Meningkatkan Literasi Digital Siswa SMP. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 12(2), 125-134.

Wardani, S. (2017). Pengembangan E-module Sebagai Bahan Ajar Fisika SMA. Jurnal Wahana Pendidikan Fisika, 2(2), 18-26.

Zinnurain, Z. (2021). Pengembangan E-Modul Pembelajaran Interaktif Berbasis Flip DFO Coorporate Edition Pada Mata Kuliah untuk Kuat Manajemen dari Beranda. Academia : Jurnal Inovasi Risat dan Akademik, 2, 132-239.

Downloads

Published

2023-09-27

How to Cite

Yusha, C. M., & Risnani , L. Y. . (2023). Pengembangan Modul Digital Berbasis Google Sites pada Materi Sistem Pertahanan Tubuh Kelas XI: (Developing Digital Module Based Google Sites for Material Immune System for 11th Grade of Senior High School). BIODIK, 9(3), 23-36. https://doi.org/10.22437/biodik.v9i3.27678