Analisis Profil Pelajar Pancasila Dalam Proses Pembelajaran Biologi SMA Pada Kurikulum Merdeka Mandiri Belajar

(Analysis of Pancasila Student Profiles in the Biology Learning Process at Senior High School in the Merdeka Curriculum Category Independent Study)

Authors

  • Amarina At'haya Universitas Kuningan
  • Anna Fitri Hindriana Universitas Kuningan
  • Sofyan Hasanuddin Nur Universitas Kuningan

DOI:

https://doi.org/10.22437/biodik.v9i3.27256

Abstract

The purpose of this study is to analyze the profile of Pancasila in biology learning. This research is a descriptive qualitative research, with a research sample of six high schools implementing the Merdeka Curriculum in the independent learning category. taken proportionally between public and private schools. The informants of this study were grade X Biology teachers. Data collection was carried out using questionnaires, interviews, and documentation. Qualitative data analysis is carried out with data reduction, data display, and conclusion drawing activities. The results showed that the implementation of strengthening the Pancasila learner profile in the biology learning process has been carried out by finding the values of the Pancasila learner profile dimensions, namely the dimensions of critical reasoning, noble character, mutual cooperation, and creativity. The value of the critical reasoning dimension is the most dominant. However, there are still shortcomings in its implementation related to the fact that teachers have not fully adapted learning to the conditions of students and conducted diagnostic assessments for differentiated learning. The preparation of planning documents used by teachers is also still not optimal in terms of formulating objectives, the existence of prerequisite knowledge components, diagnostic assessments, triggering questions, differentiated learning planning, and numerical activities. Strengthening teachers is needed to improve the shortcomings in the implementation of the Pancasila learner profile in the Biology learning process.

Key words: Pancasila student profile, biology learning, Merdeka Curriculum

 

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis profil pancasila dalam pembelajaran biologi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, dengan sampel penelitian enam SMA pengimplementasi Kurikulum Merdeka kategori mandiri belajar. diambil secara proposional antara sekolah negeri dan swasta. Informan penelitian ini adalah guru Biologi kelas X. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data kualitatif dilakukan dengan aktivitas data reduction, data display, dan conclusion drawing. Hasil penelitian menunjukan implementasi penguatan profil pelajar Pancasila dalam proses pembelajaran biologi telah terlaksana dengan ditemukannya nilai-nilai dimensi profil pelajar Pancasila, yaitu dimensi bernalar kritis, berkakhlak mulia, gotong royong, dan kreatif. Nilai dimensi bernalar kritis menjadi yang paling dominan muncul.  Namun masih ditemukan kekurangan dalam pelaksanaannya berkaitan dengan belum sepenuhnya guru menyesuaikan pembelajaran dengan kondisi peserta didik dan melakukan penilaian diagnostik untuk pembelajaran terdiferensiasi. Penyusunan dokumen perencanaan yang digunakan guru juga masih belum maksimal dalam hal perumusan tujuan, keberadaan komponen pengetahuan prasyarat, penilaian diagnostik, pertanyaan pemantik, perencanaan pembelajaran terdiferensiasi, dan kegiatan numerik. Penguatan terhadap guru diperlukan untuk menyempurnakan kekurangan dalam implementasi profil pelajar Pancasila pada proses pembelajaran Biologi.

Kata kunci: Profil pelajar Pancasila, Pembelajaran Biologi, Kurikulum Merdeka

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andriyanto, A., Utaminingsih, R., & Nisa, A. F. (2023). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Mengembangkan Profil Pelajar Pancasila Kelas IV SD. Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan, 7(1), 115–128.

Haqiqi, A. K. (2019). Telaah Implementasi Kurikulum 2013: Tinjauan Pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Journal of Natural Science and Integration, 2(1), 12. https://doi.org/10.24014/jnsi.v2i1.7110

Hasanuddin, M. I. (2020). Pengetahuan Awal (Prior Knowledge) : Konsep Dan Implikasi Dalam Pembelajaran. Jurnal Edukasi Dan Sains, 2(2), 217–232.

Hindriana, A. F., Handayani, & Setiawati, I. (2020). Analysis on Thinking Skill: Cognitive Load Management in Connected Integrated Learning. Jurnal Pengajaran MIPA, 25(2), 34–40. https://doi.org/https://doi.org/10.18269/jpmipa.v25i2.33217

Ibad, W. (2022). Penerapan Profil Pelajar Pancasila Di Tingkat Sekolah Dasar. JIEES : Journal of Islamic Education at Elementary School, 3(2), 84–94.

Inayah, N. N. (2021). Integrasi Dimensi Profil Pelajar Pancasila dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Menghadapi Era 4.0 di SMK Negeri Tambakboyo. Journal of Education and Learning Sciences, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.56404/jels.v1i1.7

Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224–1238. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3622

Kahfi, A. (2022). Implementasi Profil Pelajar Pancasila Dan Implikasinya Terhadap Karakter Siswa Di Sekolah. Dirasah: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar Islam, 5(2), 138–151. https://doi.org/https://doi.org/10.51476/dirasah.v5i2.402

Maryam, A., Misnawati Misnawati, Apritha Apritha, Reni Adi Setyoningsih, Putri Handayani, & Winda Saptaniarsih. (2023). Pelajar Pancasila Pada Abad Ke-21 Di SMAN 1 Palangka Raya. Cakrawala: Jurnal Pengabdian Masyarakat Global, 2(1), 134–151. https://doi.org/10.30640/cakrawala.v2i1.633

Naibaho, T., Simangunsong, V. H., & Sihombing, S. (2022). Penguatan Literasi Dan Numerasi Untuk Mendukung Profil Pelajar Pancasila Sebagai Inovasi Pembelajaran Matematika. SEPREN: Journal of Mathematics Education and Applied, Special Issues: NICoMSE, 111–117. https://doi.org/https://doi.org/10.36655/sepren.v4i0.841

Noerbella, D. (2022). Implementasi Program Kampus Mengajar Angkatan 2 Dalam Meningkatkan Kompetensi Literasi Dan Numerasi Peserta Didik. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(2), 480–489. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i2.2087

Nurfauziah, A. P., Lintang Tri Ayu, Hamida Suciana, & Gulo, R. S. (2022). Inovasi Pembelajaran Kontekstual Guna Mewujdukan Profil Pelajar Pancasila. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 115–122. https://doi.org/10.25134/prosidingsemnaspgsd.v2i1.33

Pandu, R., Purnamasari, I., & Nuvitalia, D. (2023). Pengaruh Pertanyaan Pemantik Terhadap Kemampuan Bernalar Kritis dan Hasil Belajar Peserta Didik. Pena Edukasia, 1(2), 127–134.

Parhan, M. (2018). Kontekstualisasi Materi Dalam Pembelajaran. ADI WIDYA: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 7–18.

Pujiningtyas, M. R., Minarti, I. B., & Sa’diyah. (2023). Implementasi Discovery Learning Pada Materi Ekosistem Dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Lentera Pendidikan Pusat Penelitian LPPM UM METRO, 8(1), 21–27.

Setianingrum, M. (2017). Penggunaan Variasi Media Ajar Terhadap 3 Gaya Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Jepang. JAPANEDU: Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran Bahasa Jepang, 2(1), 1. https://doi.org/10.17509/japanedu.v2i1.6561

Setiawan, L., Wardani, N. S., & Permana, T. I. (2021). Peningkatan Kreativitas Siswa Pada Pembelajaran Tematik Menggunakan Pendekatan Project Based Learning. Jurnal Basicedu, 5(4), 1879–1887. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1068

Shalikha, P. A. A. (2022). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan. JPE: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 15(2), 86–93. https://doi.org/http://journal2.um.ac.id/index.php/jpe/article/view/27177

Sudarisman, S. (2015). Memahami Hakikat Dan Karakteristik Pembelajaran Biologi Dalam Upaya Menjawab Tantangan Abad 21 Serta Optimalisasi Implementasi Kurikulum 2013. Florea : Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya, 2(1). https://doi.org/10.25273/florea.v2i1.403

Susilowati, E. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Al-Miskawaih: Journal of Science Education, 1(1), 115–132. https://doi.org/10.56436/mijose.v1i1.85

Tim penyusun BSKAP. (2022). Dimensi, Elemen, dan Subelemen Profil Pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka. Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan.

Usman, U., Lestari, I. D., Alfianisya, A., Octavia, A., Lathifa, I., Nisfiyah, L., Permata Aries, N. A., & Oktatira, R. (2022). Pemahaman Salah Satu Guru Di MAN 2 Tangerang Mengenai Sistem Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 5(1). https://doi.org/10.31004/jrpp.v5i1.4432

Downloads

Published

2023-09-27

How to Cite

At’haya, A. ., Anna Fitri Hindriana, A. F. H., & Sofyan Hasanuddin Nur, S. H. N. (2023). Analisis Profil Pelajar Pancasila Dalam Proses Pembelajaran Biologi SMA Pada Kurikulum Merdeka Mandiri Belajar: (Analysis of Pancasila Student Profiles in the Biology Learning Process at Senior High School in the Merdeka Curriculum Category Independent Study). BIODIK, 9(3), 60-70. https://doi.org/10.22437/biodik.v9i3.27256