Analisis dan Rekonstruksi Desain Kegiatan Laboratorium Mitosis Akar Bawang Merah (Allium cepa) melalui Model ANCOR

(Analysis and Reconstruction of Laboratory Activity Design: Mitotic of Allium cepa using ANCOR model)

Authors

  • Zuliande Zidan Indonesia University of Education
  • Bambang Supriatno Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.22437/biodik.v9i3.25469

Abstract

The purpose of this study was to analyze Biology LAD: Mitotic in shallot roots (Allium cepa) and reconstruct LAD with higher quality based on weakness and recommendations from analysis results. The method of this research is descriptive qualitative research with ANCOR model in 10 selected LAD. Research results show that LAD is generally poor-qualified and specifically unable to produce expected objects and phenomena. A designed LAD should describe the activity, guide students in finding objects and phenomena in a structured way, and include a record of the activity. Prerequiste skills of students such as using a microscope need to be emphasized as well as readiness of tools and material in practicum. The restructuring of the DKL was prepared based on the results of analysis from various aspects aimed at improving student learning outcomes.

Key words: Laboratory Activity Design, Practical Work, Mitotic, Allium cepa

 

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis DKL mitosis akar bawang merah (Allium cepa) dan mengonstruksi DKL yang lebih berkualitas berdasarkan kelemahan dan rekomendasi. Metode penelitian ini ialah penelitian deskriptif kualitatif dengan model ANCOR pada 10 DKL terpilih yang dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan umumnya DKL belum berkualitas terutama tidak dapat memunculkan objek atau fenomena yang diharapkan. DKL yang disusun perlu menggambarkan kegiatan, secara terstruktur membimbing siswa menemukan objek atau fenomena serta memuat kegiatan pencatatan. Keterampilan prasyarat siswa dalam menggunakan mikroskop dan kesiapan alat bahan sebelum praktikum perlu lebih ditekankan. DKL rekonstruksi disusun berdasarkan hasil analisis berbagai aspek dengan harapan meningkatkan hasil belajar siswa yang lebih baik. 

Kata kunci: Desain Kegiatan Laboratorium, Praktikum, Mitosis Akar Bawang

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afiani, Yessy. (2017). “Uji Kemampuan Ekstrak Pewarna Alami Daun Suji (Dracaena Angustifolia Roxb.) Terhadap Kualitas Preparat Mitosis Bawang Bombay (Allium Ceppa L.).†Skripsi 8–21.

As Syiba, Gusni Nugraha, Bambang Supriatno, and Sri Anggraeni. (2020). “Analisis Dan Rekonstruksi LKPD Berbasis Abad 21 Pada Praktikum Tulang.†BIODIK 7(2):97–109. doi: 10.22437/bio.v7i2.13001.

Azwar, Saifudin. (2013). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Deratama, Devi, Sri Anggraeni, and Bambang Supriatno. (2020). “Analisis Komponen Penyusun Lembar Kerja Siswa Biologi SMA Pada Praktikum Uji Enzim Katalase.†BIODIK 6(3):302–11. doi: 10.22437/bio.v6i3.9513.

Diana, F. (2018). Pengaruh Air Cucian Beras Terhadap Indeks Mitosis Akar Seledri (Apium Graveolens L)(Sebagai Sumber Belajar Biologi Pada Siswa Sma/Ma Kelas Xii Materi Pembelahan Sel Mitosis) (Doctoral dissertation, University of Muhammadiyah Malang).

Dwiningtyas Putri, Meirin, Sri Anggraeni, and Bambang Supriatno. (2020). “Analisis Kegiatan Praktikum Biologi SMA Materi Sistem Pernapasan Manusia.†BIODIK 6(3):290–301. doi: 10.22437/bio.v6i3.9454.

Fraenkel, Jack R., and Norman E. Wallen. (2009). How to Design and Evaluate Research in Education. 7th editio. edited by M. Ryan. New York: McGraw-Hill.

Frima, Frima Harsawati, Sri Anggraeni, and Bambang Supriatno. (2021). “Analisis Lembar Kerja Siswa Praktikum Biologi SMA Pada Materi Uji Kandungan Zat Makanan.†BIODIK 6(4):570–83. doi: 10.22437/bio.v6i4.9456.

Handayanie, Yunni, Sri Anggraeni, Bambang Supriatno, and Informasi Artikel. (2020). “Analysis of Blood Structure Student’s Practical Worksheet Based on Diagram Vee.†BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi 6(3):361–71.

Izzati, Miftahul. (2017). “Kualitas Preparat Mitosis Allium Cepa Menggunakan Pewarna Ekstrak Kulit Buah Naga Merah Dengan Pelarut Akuades Dan Asam Sitrat 10%.†Skripsi 1.

Jimbaran, Kampus Bukit. (2015). “Indeks Mitosis Ujung Akar Kecambah Cabe Besar (Capsicum Annuum L.) Setelah Perlakuan Suspensi Trichoderma Sp.†Jurnal Biologi 19(2):80–83.

Lederman, Norm G., Fouad Abd-El-Khalick, Randy L. Bell, and Renée S. Schwartz. (2002). “Views of Nature of Science Questionnaire: Toward Valid and Meaningful Assessment of Learners’ Conceptions of Nature of Science.†Journal of Research in Science Teaching 39(6):497–521. doi: 10.1002/tea.10034.

Millar, Robin. (2004). “The Role of Practical Work in the Teaching and Learning of Science.†(October).

Nadia, Nadia, Bambang Supriatno, and Sri Anggraeni. (2020). “Analisis Dan Rekonstruksi Komponen Penyusun Lembar Kerja Peserta Didik Struktur Dan Fungsi Jaringan Tumbuhan.†BIODIK 6(2):187–99. doi: 10.22437/bio.v6i2.9439.

Novak, Joseph D., and D. Bob Gowin. (1984). Learning How To Learn. New York: Cambridge University Press.

Putri, Wita Ardina, Astalini Astalini, and Darmaji Darmaji. (2022). “Analisis Kegiatan Praktikum Untuk Dapat Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Kemampuan Berpikir Kritis.†Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 4(3):3361–68. doi: 10.31004/edukatif.v4i3.2638.

Rahmah, Nur, Iswadi Iswadi, Asiah Asiah, Hasanuddin Hasanuddin, and Devi Syafrianti. (2021). “Analisis Kendala Praktikum Biologi Di Sekolah Menengah Atas.†Biodik 7(2):169–78. doi: 10.22437/bio.v7i2.12777.

Rahmania, Sofi, Sri Anggraeni, and Bambang Supriatno. (2020). “Desain Kegiatan Laboratorium: Pendekatan Diagram Vee Pada Materi Struktur Darah.†BIODIK 7(2):179–95. doi: 10.22437/bio.v7i2.12997.

Sisri, Eliya Mei, Sri Anggraeni, and Bambang Supriatno. (2020). “Analisis Dan Rekonstruksi Lembar Kerja Siswa Materi Spermatophyta Dengan Menerapkan Analisis Fenetik.†BIODIK 6(4):454–67. doi: 10.22437/bio.v6i4.9482.

Supriatno, Bambang. (2013). “Pengembangan Program Perkuliahan Pengembangan Praktikum Biologi Sekolah Berbasis ANCORB Untuk Mengembangkan Kemampuan Merancang Dan Mengembangkan Desain Kegiatan Laboratorium.†Indonesia University of Education.

Supriatno, Bambang. (2018). “Praktikum Untuk Membangun Kompetensi.†Proceeding Biology Education Conference 15(1):1–18.

Tuzzahra, Dewi Utami, Sri Anggraeni, and Bambang Supriatno. (2020). “Rekonstruksi Desain Kegiatan Laboratorium Indera Pengecap Melalui Model ANCOR.†BIODIK 7(2):117–30. doi: 10.22437/bio.v7i2.13005.

Ulum, Mohammad Imam Bahrul. (2015). “Studi Identifikasi Mitosis Akar Bawang Merah (Allium Cepa) Menggunakan Metode Squash Sebagai Media Pembelajaran.†Jurnal UMM (January):1–5.

Urry, Lisa A., Michael L. Cain, Peter V. Minorsky, Steven A. Wasserman, and Rebecca B. Orr. (2021). Campbell Biology. 12th Editi. edited by B. N. Winickoff and P. Burner. New York.

Widodo, Ari. (2021). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Dasar-Dasar Untuk Praktik. edited by M. Iriany. Bandung: UPI Press.

Widoyo, Eko Putro. (2016). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Bandar Lampung: Pustaka Pelajar.

Woodley, Em. (2009). “Practical Work in School Science–Why Is It Important.†Physics Bulletin 16(7):280–280. doi: 10.1088/0031-9112/16/7/006.

Downloads

Published

2023-09-27

How to Cite

Zidan, Z., & Bambang Supriatno, B. S. (2023). Analisis dan Rekonstruksi Desain Kegiatan Laboratorium Mitosis Akar Bawang Merah (Allium cepa) melalui Model ANCOR : (Analysis and Reconstruction of Laboratory Activity Design: Mitotic of Allium cepa using ANCOR model). BIODIK, 9(3), 37-49. https://doi.org/10.22437/biodik.v9i3.25469