Hasil Belajar Siswa yang Dibelajarkan Secara Online Menggunakan Google Classroom

(Student’s Learning Outcomes Taught Online Using Google Classroom)

Authors

  • Nurul Fadhilah Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Andi Muhammad Akram Mukhlis Universitas Negeri Makassar
  • Sukaryanto Sukaryanto SMA Negeri 2 Bantaeng

DOI:

https://doi.org/10.22437/bio.v8i1.17206

Abstract

The ability of teachers to manage the class is one of the factors that determine the success of students in obtaining high learning outcomes. A teacher who is not interactive in using methods and learning models that are in accordance with class conditions will cause students to feel bored following the lesson. In addition to using good methods and learning models, teachers are also required to be able to use technology in the learning process. The use of technology is one of the supporters of the online learning process. The purpose of this study was to determine the effect of google classroom learning media on student learning outcomes at SMAN 2 Bantaeng. The research method used pre-experiment with One-Group Pretest Posttest Design. The population was all students of class XI IPA SMAN 2 Bantaeng in the odd semester 2021-2022 academic year. Sampling technique was simple random sampling with class XI IPA 2 as samples, totaling 23 students. The instrument in this study was ten essay questions that given before and after treatment. Data analysis was conducted using descriptive analysis and inferential analysis. The results of data analysis obtained the paired sample t-test, namely the value of Sig. (2-tailed) of 0.000 <0.05, which means H0 rejected and H1 accepted. Based on the result, it can be concluded that there was an influence of google classroom learning media on student learning outcomes at SMAN 2 Bantaeng.

Key words: Learning outcome, Google classroom

 

Abstrak. Kemampuan guru dalam mengelola kelas merupakan salah satu faktor yang menentukan keberhasilan siswa dalam memperoleh hasil belajar yang tinggi. Seorang guru yang tidak interaktif dalam menggunakan metode serta model pembelajaran yang sesuai dengan kondisi kelas akan menyebabkan siswa merasa bosan mengikuti pembelajaran. Selain penggunaan metode serta model pembelajaran yang baik, guru juga dituntut untuk mampu menggunakan teknologi dalam proses pembelajaran. Penggunaan teknologi merupakan salah satu pendukung terlaksananya proses pembelajaran secara daring. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran google classroom terhadap hasil belajar siswa di SMAN 2 Bantaeng. Metode penelitian yang digunakan yaitu pre-ekperimen dengan desain One-Group Pretest Posttest Design. Populasi seluruh siswa kelas XI IPA SMAN 2 Bantaeng pada semester ganjil tahun ajaran 2021-2022. Teknik pemilihan sampel yaitu simple random sampling dengan sampel terpilih yaitu kelas XI IPA 2 yang berjumlah 23 siswa. Instrument dalam penelitian ini berupa 10 nomor soal essay yang diberikan sebelum dan setelah perlakuan. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil analisis data yang diperoleh melalui uji paired sample t-test yaitu nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, yang berarti H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media pembelajaran google classroom terhadap hasil belajar siswa di SMAN 2 Bantaeng.

Kata kunci: Hasil Belajar, Google classroom

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alianto, A., Hasan, R., & Irwandi, I. (2021). Perbedaan Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Pembelajaran Daring Melalui Google Classroom dan Whatsapp Mesenger Di SMP Negeri 4 Bengkulu Tengah. BIODIK, 7(4), 10–17. https://doi.org/10.22437/BIO.V7I4.13565

Atikah, R.-, Prihatin, R. T., Hernayati, H., & Misbah, J. (2021). Pemanfaatan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. JURNAL PETIK, 7(1), 7–18. https://doi.org/10.31980/JPETIK.V7I1.988

Bintarawati, D., & Citriadin, Y. (2020). Implementasi Kelas Virtual Dengan Google Classroom Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Di Sma Negeri Bekasi. Spin Jurnal Kimia & Pendidikan Kimia, 2(2), 177–190. https://doi.org/10.20414/SPIN.V2I2.2573

Destyana, V. A., & Surjanti, J. (2021). Efektivitas Penggunaan Google Classroom dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Ekonomi. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 1000–1009. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i3.507

Hartatik, T., Hidajat, D., & Exacta, A. P. (2021). Analisis Keefektifan Google Classroom Dalam Pembelajaran Daring. Absis: Mathematics Education Journal, 3(1), 40. https://doi.org/10.32585/absis.v3i1.1376

Karim, B., Kholis, N., Munoto, & Ismayati, E. (2022). Keefektifan Penggunaan Google Classroom Dalam Menunjang Pembelajaran Jarak Jauh (Studi Literatur). Jurnal Pendidikan Teknik ELektro, 11(1), 61–67. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknik-elektro/article/view/42060

Marlina, M., Junedi, B., Nasrullah, A., & Mustika, H. (2021). Optimalisasi Penggunaan Google Classroom Pada Pembelajaran Matematika Di Masa Pandemi Covid 19. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(3), 836–846. https://doi.org/10.31764/JMM.V5I3.4985

Maskar, S., & Wulantina, E. (2019). Persepsi Peserta Didik terhadap Metode Blended Learning dengan Google Classroom. Jurnal Inovasi Matematika, 1(2), 110–121. https://doi.org/10.35438/inomatika.v1i2.156

Nainggolan, A. P., & Manalu, R. B. B. (2021). Pengaruh Penggunaan Google Classroom Terhadap Efektifitas Pembelajaran. Journal Coaching Education Sports, 2(1), 17–30. https://doi.org/10.31599/jces.v2i1.515

Nirfayanti, N., & Nurbaeti, N. (2019). Pengaruh Media Pembelajaran Google Classroom Dalam Pembelajaran Analisis Real Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(1), 50–59. https://e-journal.my.id/proximal/article/view/211

Rosita, N., Padang, U. N., Saun, S., & Mairi, S. (2020). Google Classroom for Hybrid Learning in Senior High School. Journal of Learning and Teaching in Digital Age, 5(1), 35–41. https://dergipark.org.tr/en/pub/joltida/issue/55477/760132

Shelvam, H., Jayarajah, K., Kandasamy, S., Xiao, S., Durairaj, Y., Singh, C. K. S., & Maniam, M. (2021). An Investigation on the Learners’ Perceptions and Experiences in Engaging with Online Writing Lessons Conducted via Google Classroom. International Journal of Asian Social Science, 12(1), 13–25. https://doi.org/10.18488/5007.v12i1.4389

Solichin, A., Kristanto, D., & Triyono, G. (2021). Optimasi pembelajaran daring siswa dan guru di masa pandemi Covid-19 menggunakan Google Classroom pada PKBM Bhakti Asih. KACANEGARA Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 4(2), 239. https://doi.org/10.28989/kacanegara.v4i2.953

Su’uga, H. S., Ismayati, E., Agung, A. I., & Rijanto, T. (2020). Media E-learning Berbasis Google Classroom Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 9(3), 605–6010. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknik-elektro/article/view/36253/32246

Sudarsana, I. K., Putra, I. B. M. A., Astawa, I. N. T., & Yogantara, I. W. L. (2019). The use of Google classroom in the learning process. Journal of Physics: Conference Series, 1175(1), 012165. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1175/1/012165

Sudirman, S., & Bokingo, A. H. (2017). Teachers Of The Year: Kinerja Guru Dalam Bingkai Perkembangan Pendidikan Abad 21. Seminar Nasional Kedua Pendidikan Berkemajuan Dan Menggembirakan (The Second Progressive and Fun Education Seminar), 157–166. http://publikasiilmiah.ums.ac.id/handle/11617/9563

Sutrisna, D. (2018). Meningkatkan Kemampuan Literasi Mahasiswa Menggunakan Google Classroom. Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 13(2). https://doi.org/10.25134/fjpbsi.v13i2.1544

Thahir, R. (2021). Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan Pengaruh Pembelajaran Daring Berbasis Google Classroom terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Biologi Rahmatia Thahir. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1936–1944. https://doi.org/10.31004/EDUKATIF.V3I4.1123

van Laar, E., van Deursen, A. J. A. M., van Dijk, J. A. G. M., & de Haan, J. (2017). The relation between 21st-century skills and digital skills: A systematic literature review. Computers in Human Behavior, 72, 577–588. https://doi.org/10.1016/J.CHB.2017.03.010

Yulianti, Y. A., & Wulandari, D. (2021). Flipped Classroom : Model Pembelajaran untuk Mencapai Kecakapan Abad 21 Sesuai Kurikulum 2013. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(2), 372–384. https://doi.org/10.33394/JK.V7I2.3209

Yustini, S., Rahmayumita, R., & Hidayati, N. (2021). Video dan Google Classroom: Sebuah Cara untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Biologi Siswa SMAN 1 Pagaran Tapah, Riau. Bioedusiana: Jurnal Pendidikan Biologi, 6(2), 121–132. https://doi.org/10.37058/bioed.v6i2.2547

Downloads

Published

2022-03-31

How to Cite

Fadhilah, N. ., Mukhlis, A. M. A., & Sukaryanto, S. (2022). Hasil Belajar Siswa yang Dibelajarkan Secara Online Menggunakan Google Classroom: (Student’s Learning Outcomes Taught Online Using Google Classroom). BIODIK, 8(1), 183 - 190. https://doi.org/10.22437/bio.v8i1.17206

Issue

Section

Articles