Keterampilan Komunikasi Verbal Calon Guru Biologi Melalui Pembelajaran Jarak Jauh

Oral Communication Skills of Prospective Biology Teachers Through Distance Learning

Authors

  • Idah Hamidah Universitas WIralodra
  • Lesy Luzyawati Universitas Wiralodra

DOI:

https://doi.org/10.22437/bio.v8i1.15667

Abstract

One of the communication skills that must be possessed by prospective biology teachers is oral communication skills. Communication learning plays an important role. The aim of this research is to know the oral communication skills of prospective biology teachers through distance learning. This study uses True Experimental Design with a type of one shoot case study design. A research sample of 30 students of Wiralodra University Biology Education was randomly selected. The results of the data analysis showed that the communication skills of prospective biology teachers in distance learning using the Moodle platform were in the good category with a percentage of 81.8%.

Key words: Communication Skills, Prospecive Biology Teacher

 

Abstrak.

Salah satu keterampilan komunikasi yang harus dimiliki oleh calon guru biologi yaitu keterampilan komunikasi lisan. Dalam pembelajaran komunikasi berperan penting. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keterampilan komunikasi lisan calon guru biologi melalui pembelajaran jarak jauh. Penelitian ini menggunakan True Experimental Design dengan jenis rancangan one shoot case study. Sampel penelitian sebanyak 30 mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Wiralodra yang dipiih secara random. Hasil analisis data menunjukkan bahwa Keterampilan komunikasi mahasiswa calon guru biologi pada pembelajaran jarak jauh dengan menggunakan platform Moodle berada pada kategori baik dengan presentase sebesar 81,8%.

Kata kunci: Komunikasi Lisan, Calon Guru Biologi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aldino, J. (2016). Strategi Komunikasi News Anchor Dalam Penyampaian Berita (Studi Deskriptif Kualitatif Strategi Komunikasi News Anchor dalam Penyampaian Berita pada Program Acara “Sumut Dalam Berita†di TVRI Sumatera Utara). Skripsi, Universitas Sumatra Utara.

Bloju, C. L., & Stan, R. V. (2013). Didactic Communication–Key Element for any Successful Teaching Activity. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 76, 105–109.

BSNP. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Bušelić, M. (2012). Distance Learning–Concepts and Contributions. Oeconomica Jadertina, 2(1), 23–34.

Crebert, G., Patrick, C. J., Cragnolini, V., Smith, C., Worsfold, K., & Webb, F. (2011). Teamwork Skills Toolkit. 20, 2013.

Curto, K., & Bayer, T. (2005). Writing & Speaking to Learn Biology: An Intersection of Critical Thinking and Communication Skills. Bioscene: Journal of College Biology Teaching, 31(4), 11–19.

Goss, P., & Sonnemann, J. (2017). Engaging Students: Creating Classrooms That Improve Learning. Grattan Institute.

Hidayati, A. N., & Rustaman, S. (2011). Training of Trainer Berorientasi Higher Order Learning Skills dan Pengaruhnya pada Prestasi serta Performance Guru. FKIP UNILA Bandar Lampung - HEPI.

Hikmawati, H., Sahidu, H., Ayub, S., & Kosim, K. (2021). Peningkatan Keterampilan Komunikasi Mahasiswa Calon Guru Melalui Kegiatan Analisis Artikel Ilmiah Dari Jurnal Nasional. Unram Journal of Community Service, 2(2), 33–37.

Mamluah, S. K., & Maulidi, A. (2021). Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di Masa Pandemi COVID-19 di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 869–877.

Maridi, M., Suciati, S., & Permata, B. M. (2019). Peningkatan keterampilan komunikasi lisan dan tulisan melalui model pembelajaran problem based learning pada siswa kelas x sma. Bioedukasi: Jurnal Pendidikan Biologi, 12(2), 182–188.

NCA. (1998). Competent communicators: K-12 speaking, listening, and media literacy standards and competency statements.

Ngalim Purwanto. (2008). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Remaja Rosda Karya.

Ningsih, D. A. P., Legowo, E., & Hidayat, R. R. (2017). Peningkatan Keterampilan Komunikasi Lisan Siswa sebagai Fungsi dari Teknik Instruksi Diri. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 2(3), 86–96.

Nurkhalik, R. D., & Syaichudin, M. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Moodle Tentang Troubleshooting Hardware Laptop Bagi Peserta Diklat Di Mandiri Entrepreneur Centre Surabaya. Jurnal Mahasiswa Unesa, 5.

Poondej, C., & Lerdpornkulrat, T. (2019). Gamification in E-learning: A Moodle Implementation and Its Effect on Student Engagement and Performance. Interactive Technology and Smart Education.

Priyatna, S. E. (2017). Pemanfaatan MOODLE pada Pembelajaran Online Mata Kuliah Aplikasi Komputer Mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi IAIN Antasari. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 13(26), 37–44.

Pujiastutik, H. (2017). Analisis Keterampilan Dasar Mahasiswa Calon Guru Biologi pada Mata Kuliah Pengenalan Laboratorium Biologi UNIROW Tuban. Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning, 15(1), 565–571.

Ruben, B. D., & Stewart, L. P. (2006). Communication And Human Behavior, 5th. Boston: Pearson.

Safitri, A. O., Handayani, P. A., Sakinah, R. N., & Prihantini, P. (2022). Implementasi Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 6(1), 116–128.

Santrock, J. W., & Santrock, J. W. (2007). Psikologi Pendidikan edisi kedua. Kencana Prenada Media Group.

Sari, I. J., Ratnasari, D., & El Islami, R. A. Z. (2019). Analisis Komunikasi Lisan Calon Guru Biologi Melalui Pendekatan Inkuiri Pada Konsep Metabolisme Sel. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 211–217.

Soraya, S., Suherma, L., & Zawitri, S. (2020). Pemanfaatan E-Learning berbasis Moodle dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar. Eksos, 16(1), 72–83.

Taufiq, M., & Rokhman, F. (2020). Scientific Communication Skills Profile Of Prospective Science Teachers Based On Sociocultural Aspects. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 9(2), 187–193.

Waridah, W. (2016). Berkomunikasi dengan Berbahasa yang Efektif Dapat Meningkatkan Kinerja. JURNAL SIMBOLIKA: Research and Learning in Communication Study (E-Journal), 2(2).

Downloads

Published

2022-03-28

How to Cite

Hamidah, I. ., & Luzyawati, . L. . (2022). Keterampilan Komunikasi Verbal Calon Guru Biologi Melalui Pembelajaran Jarak Jauh: Oral Communication Skills of Prospective Biology Teachers Through Distance Learning. BIODIK, 8(1), 90 - 96. https://doi.org/10.22437/bio.v8i1.15667

Issue

Section

Articles