Profil Pembelajaran Akademik Mahasiswa Pada Matakuliah Fisiologi Tumbuhan di Masa Pandemi COVID - 19
(Academic Learning Profile of Students in Plant Physiology Course in The Covid – 19 Pandemic)
DOI:
https://doi.org/10.22437/bio.v9i1.15528Abstract
To prevent the spread of COVID-19, students around the world cannot go to college. However, education must continue. Likewise, online plant physiology lectures take place. Researchers are interested in describing the internal factors of students that can influence students in mastering the material in plant physiology lectures during a pandemic. This quantitative descriptive research was conducted on biology education study program students who have taken Plant Physiology lectures in the 2020-2021 Academic Year. A total of 56 respondents were given a questionnaire related to their experiences during online lectures. The academic learning profile is based on students' internal aspects which include attention, memory, visual motor perception, thinking, and language. The profile of attention is that students can still focus on listening to lectures even though the camera in the zoom meeting is turned off (69.9%); memory, namely students can remember and re-explain the practicum steps that have been implemented (58.9%); visual motor perception, students can operate various application technologies used by lecturers during online lectures (60.7%); thinking, students can explain the results of the practicum that has been done (67.9%); and language, students can socialize when coordinating in group assignments (75%). Students can still attend lectures well even from their homes, are familiar with various learning applications, and can still communicate smoothly with their classmates.
Key words: profile, plant physiology, online lecture, learning, COVID-19
Â
ABSTRAK
Untuk mencegah penyebaran COVID – 19, seluruh mahasiswa di seluruh dunia tidak dapat berkuliah. Namun perkuliahan harus tetap berjalan. Begitu pula perkuliahan matakuliah fisiologi tumbuhan yang berlangsung secara daring. Peneliti tertarik untuk mendeskripsikan faktor internal dari mahasiswa yang dapat mempengaruhi mahasiswa dalam penguasaan materi pada perkuliahan fisiologi tumbuhan selama masa pandemic. Penelitian deskriptif kuantitatif ini dilakukan pada mahasiswa program studi pendidikan biologi yang telah menempuh perkuliahan Fisiologi Tumbuhan pada Tahun Akademik 2020-2021. Sebanyak 56 responden diberikan kuesioner terkait pengalaman dirinya selama mengikuti perkuliahan daring. Profil pembelajaran akademik berdasarkan aspek internal mahasiswa yang meliputi attention, memory, persepsi visual motorik, thinking, dan language. Profil dari attention yakni mahasiswa tetap bisa fokus dalam menyimak perkuliahan walau kamera pada zoom meeting dimatikan (69,9%); memory yakni mahasiswa mampu mengingat dan menjelaskan ulang langkah-langkah praktikum yang sudah dilaksanakan (58,9%); persepsi visual motorik, mahasiswa mampu mengoperasikan berbagai teknologi aplikasi yang digunakan dosen selama perkuliahan daring (60,7%); thinking, mahasiswa mampu menjelaskan hasil praktikum yang telah dilakukan (67,9%); dan language, mahasiswa mampu bersosialisasi saat koordinasi dalam pengerjaan tugas kelompok (75%). Selama perkuliahan daring mahasiswa tetap dapat mengikuti perkuliahan dengan baik walau dari rumah masing-masing, sudah terbiasa dengan berbagai aplikasi pembelajaran, dan tetap dapat berkomunikasi lancar dengan teman sekelasnya.
Kata kunci: profil, fisiologi tumbuhan, kuliah online, pembelajaran, COVID-19
Downloads
References
Adhani, A., & Rupa, D. (2020). Analisis Pemahaman Konsep Mahasiswa Pendidikan Biologi Pada Matakuliah Fisiologi Tumbuhan. Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 11(1), 18–26. Retrieved from https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/quantum/article/view/8035
Adijaya, N., & Santosa, L. P. (2018). Persepsi Mahasiswa Dalam Pembelajaran Online. Wanastra: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 10(2), 105–110. https://doi.org/10.31294/w.v10i2.3931
Al-Bari, A., & Saputri, R. K. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Praktikum Daring Mata Kuliah Kimia Analisis. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2), 676–683. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.723
Amalia, F. N. (2017). Kemampuan Membaca Pemahaman Mahasiswa. Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Indonesia, 1(1), 42–54. Retrieved from http://conference.unsri.ac.id/index.php/SNBI/article/view/502
Amirullah, G., & Maesaroh. (2020). Pelatihan Pengembangan Kelas Digital Berbasis Microsoft 365 di Sekolah Muhammadiyah DKI Jakarta. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 223–227.
Anggrawan, A. (2019). Analisis Deskriptif Hasil Belajar Pembelajaran Tatap Muka dan Pembelajaran Online Menurut Gaya Belajar Mahasiswa. MATRIK: Jurnal Manajemen, Teknik Informatika Dan Rekayasa Komputer, 18(2), 339–346. Retrieved from https://journal.universitasbumigora.ac.id/index.php/matrik/article/view/411/321
Annur, M. F., & Hermansyah. (2020). Analisis Kesulitan Mahasiswa Pendidikan Matematika Dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi COVID-19. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 11(2), 195–201. https://doi.org/10.31764
Anshori, F. aL, & Sohriati, E. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Mahasiswa Biologi Selama Proses Pembelajaran Daring. Biogenerasi, 6(1), 10–16. Retrieved from https://e-journal.my.id/biogenerasi
Astuti, Y., & Suciati, R. (2017). Profil Kemampuan Mahasiswa Calon Guru Biologi Dalam Mengomunikasikan Hasil Praktikum Fisiologi Hewan. Jurnal Pendidikan Indonesia, 6(1), 115–124.
Dania, I. A., & Novziransyah, N. (2021). Sensasi, Persepsi, Kognitif. Sensation, Perception and Cognition. Ibnu Sina: Jurnal Kedokteran Dan Kesehatan-Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sumatera Utara, 20(1), 14–21. Retrieved from http://www.ojsfkuisu.com/index.php/ibnusina/article/view/59
Dwi, M., Nur, A., & Susilo, H. (2015). Peran Biologi dan Pendidikan Biologi dalam Menyiapkan Generasi Unggul dan Berdaya Saing Global. In Peran Biologi dan Pendidikan Biologi dalam Menyiapkan Generasi Unggul dan Berdaya Saing Global (pp. 42–49).
Fauziah, Y., Arnentis, & Fitria, R. (2018). Profil Sikap Ilmiah Mahasiswa Di Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Riau Tahun Akademis 2014/2015. Biogenesis, 12(2), 75–78. Retrieved from https://biogenesis.ejournal.unri.ac.id/index.php/JPSB/article/view/5111
Firman, & Rahman, S. R. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), 81–89. https://doi.org/10.31605/ijes.v2i2.659
Gloria, R. Y., Sudarmin, Wiyanto, & Indriyanti, D. R. (2017). Pemahaman Mahasiswa Calon Guru Biologi Dengan Indikator Understanding by Design (UbD) Pada Topik Fisiologi Tumbuhan. In The 5TH Flurecol Proceeding UAD Yogyakarta (pp. 1248–1253). Yog.
Hidayat, M. (2015). Pengaruh Kebiasaan Belajar, Lingkungan Belajar, dan Dukungan Orangtua Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi pada Siswa Kelas IX IPS di MAN Bangkalan. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 3(1), 103–114.
Hutauruk, A., & Sidabutar, R. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi di Kalangan Mahasiswa Pendidikan Matematika: Kajian Kualiatatif Deskriptif. SEPREN: Journal of Mathematics Education and Applied, 02(01), 45–51.
Jamaris, M. (2009). Kesulitan Belajar. Perspektif, Assessmen dan Penanggulangannya (Pertama). Jakarta Pusat: Yayasan Penamas Murni.
Kosim, M. (2015). Prinsip dan Strategi Pembelajaran Mengatasi Lupa Perspektif Psikologi Pendidikan Islam. INA-Rxiv Papers, 6(1), 69–86. https://doi.org/10.31227/OSF.IO/HC5N2
Kusnayat, A., Muiz, M. H., Sumarni, N., Mansyur, A. S., & Zaqiah, Q. Y. (2020). Pengaruh Teknologi Pembelajaran Kuliah Online Di Era Covid-19 Dan Dampaknya Terhadap Mental Mahasiswa. EduTeach : Jurnal Edukasi Dan Teknologi Pembelajaran, 1(2), 153–165. https://doi.org/10.37859/eduteach.v1i2.1987
Marlina, T., Yosef, & Hasmalena. (2018). Analisis Profil Akademik Mahasiswa PGSD Universitas Sriwijaya Angkatan 2017 Berdasarkan Sistem Seleksi Masuk. Jurnal Inovasi Sekolah Dasar, 5(1), 65–72.
Mastuang. (2015). Implementasi Pembelajaran Menggunakan Model Pengajaran Langsung Uuntuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Sains Dan Pendidikan Fisika, 11(2), 113–119.
Maulah, S., Farikhatun, N. A., & Ummah, N. R. (2020). Persepsi Mahasiswa Biologi terhadap Perkuliahan Daring sebagai Sarana Pembelajaran Selama Pandemi Covid-19. ALVEOLI : Jurnal Pendidikan Biologi, 1(2), 49–61. Retrieved from https://alveoli.iain-jember.ac.id/index.php/alv/article/view/6
Mufidah, E. (2019). Pembelajaran Berbasis Praktikum IPA Untuk Melatih Ketrampilan Komunikasi Ilmiah Bagi Mahasiswa PGMI. Karangan: Jurnal Bidang Kependidikan, Pembelajaran, Dan Pengembangan, 1(02), 121–140. Retrieved from http://ejournal.billfath.ac.id/index.php/karangan/article/view/16
Mustofa, M. I., Chodzirin, M., & Sayekti, L. (2019). Formulasi Model Perkuliahan Daring Sebagai Upaya Menekan Disparitas Kualitas Perguruan Tinggi (Studi terhadap Website pditt.belajar.kemdikbud.go.id). Walisongo Journal of Information Technology, 1(2), 151–160. https://doi.org/10.21580/wjit.2019.1.2.4067
Mutakin, T. Z. (2015). Analisis Kesulitan Belajar Kalkulus 1 Mahasiswa Teknik Informatika. Formatif, 3(1), 49–60.
Nuryana, A., & Purwanto, S. (2010). EFEKTIVITAS BRAIN GYM DALAM MENINGKATKAN KONSENTRASI BELAJAR PADA ANAK. Indigenous: Jurnal Ilmiah Berkala Psikologi, 12(1), 88–98. Retrieved from https://journals.ums.ac.id/index.php/indigenous/article/view/1558
Pawicara, R., & Conilie, M. (2020). ANALISIS PEMBELAJARAN DARING TERHADAP KEJENUHAN BELAJAR MAHASISWA TADRIS BIOLOGI IAIN JEMBER DI TENGAH PANDEMI COVID-19. ALVEOLI : Jurnal Pendidikan Biologi, 1(1), 29–38.
Riadi, S., Normelani, E., Efendi, M., Safitri, I., & Tsabita, G. F. I. (2020). Persepsi Mahasiswa Prodi S1 Geografi FISIP ULM Terhadap Kuliah Online Di Masa Pandemi Covid-19. PADARINGAN (Jurnal Pendidikan Sosiologi Antropologi), 2(2), 219. https://doi.org/10.20527/padaringan.v2i2.2151
Ririen, D., & Hartika, D. (2021). Identifikasi Kesulitan Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Statistika Selama Masa Pandemi Covid-I9. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 21(1), 148. https://doi.org/10.33087/jiubj.v21i1.1236
Risnani, L. Y., & Husin, A. (2019). Blended Learning: Pengembangan dan Implementasinya pada Mata Kuliah Fisiologi Tumbuhan. BIOEDUSCIENCE, 3(2), 73–83. https://doi.org/10.29405/J.BES/3274-834007
Sari, N. I., & Septiani, E. (2020). Meningkatkan Kemampuan Membaca Efektif Dan Menulis Kreatif Pada Siswa SMA Di Jakarta. Jurnal Terapan Abdimas, 5(2), 149–154. Retrieved from http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JTA/article/view/5568
Sholikah, T., Mardhotillah, A. F., Indriyani, L. A., Wulandari, V. A., Kuraesin, P. P. S., Al-Khotim, N. L. S. A., … Rachmawati, Y. (2020). Studi Eksplorasi Kegiatan Praktikum Sains saat Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Science Learning, 1(2), 67–75. Retrieved from http://jurnalftk.uinsby.ac.id/index.php/IJSL
Silberman, M. (2007). Active Learning. 101 Strategi Pembelajaran Aktif. (B. Munthe, A. Muttaqin, & Hamruni, Eds.). Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.
Sukaesih, S. (2011). Analisis Sikap Ilmiah Dan Tanggapan Mahasiswa Terhadap Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Praktikum. Jurnal Penelitian Pendidikan, 28(1), 77–85.
Supriyatin, T. (2021). Analisis Pembelajaran Filsafat MIPA Berbasis Daring pada Mahasiswa Pendidikan Biologi di Era Pandemi Covid-19. EduBiologia - Biological Science and Educational Journal, 1(1), 24–29.
Suryani, Y. E. (2010). KESULITAN BELAJAR. Magistra, 73, 33–47.
Sutanto, S., & Simanjuntak, E. (2015). Intensi Social Loafing Pada Tugas Kelompok Ditinjau Dari Adversity Quotient Pada Mahasiswa. EXPERIENTIA : Jurnal Psikologi Indonesia, 3(1), 33–46. Retrieved from http://journal.wima.ac.id/index.php/EXPERIENTIA/article/view/778
Widodo, A., Erfan, M., & Maulyda, M. A. (2020). Profil minat baca mahasiswa baru PGSD Universitas Mataram. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 10(1), 34–48. https://doi.org/10.25273/pe.v10i1.5968
Winarti, P. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Mahasiswa dalam Perkuliahan Konsep Dasar IPA Fisika Secara Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 5(1), 93–107. Retrieved from www.journal.univetbantara.ac.id/index.php/komdik
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ranti An Nisaa, Devi Anugrah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright Notice
Authors who publish with Biodik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi agree to the following terms:
- For all articles published in Biodik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, copyright is retained by the authors and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International Licensethat allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).