Survei Pembentukan Karakter Mahasiswa Selama Pembelajaran Daring

(Survey of Student Character Building During online Learning)

Authors

  • Ayu Wahyuni Universitas Samudra
  • Prima Nucifera Universitas Samudra

DOI:

https://doi.org/10.22437/bio.v7i4.14659

Abstract

Since the epidemic of the corona virus, especially in Indonesia, it has had an impact and change in various aspects, including in the field of education, the implementation of an online learning system (in the network). This is a concern and a separate problem in the learning process. Because learning should be a complex activity which is an interaction between two directions in conveying or getting certain information and making changes for the better for students. The formation of the character of students is one of the main essence of the goals of national education. Therefore, it is necessary to conduct research on the effect of online learning on the formation of student character. This study aims to determine how the influence of online learning on the character formation of biology education students at one of the universities in Aceh Province. This type of research is descriptive qualitative research to reveal the character of students during online learning. The research subjects were students of the fifth semester of biology education wich amounts to 40 students. The results showed that even in an online learning atmosphere, the student's character for self-confidence, motivation, responsibility, effort, initiative, strong will, compassion, cooperation, critical thinking, problem solving ability and concentration on goals can be explored well, this is a reference that online learning is still able to explore the character of students so that national education goals can be achieved.

Abstrak. Sejak mewabahnya virus corona terutama di Indonesia memberikan dampak dan perubahan dari berbagai aspek termasuk dalam bidang Pendidikan yang diberlakukannya sistem pembelajaran daring (dalam jaringan). Hal ini menjadi perhatian dan permasalahan tersendiri dalam proses pembelajaran. Karena seharusnya pembelajaran merupakan suatu kegiatan yang kompleks yang merupakan interaksi antara dua arah dalam menyampaikan atau mendapatkan informasi tertentu dan membuat perubahan kearah yang lebih baik bagi peserta didik. Pembentukan karakter peserta didik merupakan salah satu hakikat utama dari tujuan pendidikan Nasional. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian tentang pengaruh pembelajaran daring terhadap pembentukan karakter mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh pembelajaran daring terhadap pembentukan karakter mahasiswa pendidikan biologi disalah satu Universitas di Provinsi Aceh. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif untuk mengungkap karakter mahasiswa selama pembelajaran daring. Subjek penelitian adalah mahasiswa semester V pendidikan biologi yang berjumlah 40 0rang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun dalam suasana pembelajaran daring karakter mahasiswa untuk percaya diri, motivasi, tanggung jawab, usaha, inisiatif, kemauan kuat, kasih sayang, kerjasama, berpikir kritis, kemampuan memecahkan masalah dan konsentrasi pada tujuan dapat tergali dengan baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anderson, L., and Krathwohl, D. (eds.) (2001). Assessing: A Revision of Bloom’s Taxonomy. New York: Publishing Co, New York, US.

Asriati, Nuraini. 2012. Mengembangkan Karakter Peserta Didik Berbasis Kearifan Lokal Melalui Pembelajaran Disekolah. Jurnal Pendidikan Sosiologi dan Humaniora. Vol. 3. No.2.

Berkowitz, M.W. & Bier, M.C. 2005. What Works In CharacterEducation: A Research-Driven Guide for Educators, Washington DC: Univesity of Missouri-St Louis.

Degeng, N.S. 1991. Karakteristik Belajar Mahasiswa Berbagai Perguruan Tinggi di Indonesia. Jakarta: Depdikbud Dirjen Dikti Proyek Pengembangan Pusat Fasilitas Bersama Antar Universitas/IUC

Kholifah, WT. 2020. Upaya Guru Mengembangkan Karakter Peserta Didik Sekolah Dasar Melalui Pendidikan Ramah Anak. Jurnal Pendidikan Dan Konseling Vol. 2. No. 1.

Manurung, Monica.M, Rahmadi.2017. Identifikasi Faktor-faktor Pembentukan Karakter Mahasiswa. Jurnal Analisis Sistem Pendidikan Tinggi. Vol. 1 No. 1

Nasution, J. A., Neviyarni, N. and Alizamar, A. (2017) ‘Motif Siswa memiliki Smartphone dan Penggunaannya’, JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 3(2), p. 15. doi: 10.29210/02017114.

Purnomo, E. and Wahyudi, A. B. (2020) ‘Nilai Pendidikan Karakter dalam Ungkapan Hikmah di SD seKaresidenan Surakarta dan Pemanfaatannya di Masa Pandemi’, QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, 12(2), pp. 183–193. doi: 10.37680/qalamuna.v12i2.561.

Ramli. T., 2003. Pendidikan Karakter. Bandung:Angkasa

Santika, I. W. E. 2020. Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Daring. Indonesian Values and Character Education Journal. Vol 3. No. 1.

Suparman, Atwi. 2001. Mengajar Di Perguruan Tinggi(Konsep Dasar Pengembangan Kurikulum). Departemen Pendidikan Nasional.

Supriadi, Wildan., & Laksmiwati, D. 2020. Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan Pengaruhnya Terhadap Perkembangan Karakter Mahasiswa. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA (JPPIPA). 6(1). pp. 63-68

Susanti R, 2013, Penerapan Pendidikan Karakter di Kalangan Mahasiswa, Jurnal Al-Ta’lim, 1(6) November 2013, Hlm. 480-487

Suyanto. 2009. Urgensi Pendidikan Karakter. Diakses pada tanggal 10 April 2011 dari http://www.mandikdasmen.depdiknas.go.id/we/ pages/urg ensi.html.

Yoga Purandina, I. P. and Astra Winaya, I. M. (2020) ‘Pendidikan Karakter di Lingkungan Keluarga Selama Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Pandemi COVID-19’, Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), pp. 270–290. doi: 10.37329/cetta.v3i2.454.

Downloads

Published

2021-12-24

How to Cite

Wahyuni, A. ., & Nucifera, P. (2021). Survei Pembentukan Karakter Mahasiswa Selama Pembelajaran Daring : (Survey of Student Character Building During online Learning). BIODIK, 7(4), 107-114. https://doi.org/10.22437/bio.v7i4.14659