Efektivitas Blended Learning Berbasis Quided Inquiry Terhadap Penguasaan Konsep Dan Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa Pada Mata Kuliah Anatomi Fisiologi Manusia

(The Effectiveness of Blended Learning Based Quided inquiry on The Mastery of Concepts and The Ability of Creative Thinking of Students in a Course Anatomy Human Physiology)

Authors

  • Rahmawida Putri Sekolah Tinggi Farmasi Muhammadiyah Tangerang
  • Nuriyatul Fhatonah Sekolah Tinggi Farmasi Muhammadiyah Tangerang

DOI:

https://doi.org/10.22437/bio.v7i4.14476

Abstract

The purpose of this research is to 1) know the effectiveness of learning blended learning-based quided inquiry on the ability of the mastery of the concept of the student, and 2) determine the effectiveness of learning blended learning-based quided inquiry on the creative thinking skills of students. The study included 71 students as the sample of the study through random sampling derived from semester II Undergraduate Programs of Pharmacy in the college of Pharmacy Muhammadiyah Tangerang with the category of Class A as the control class and Class B as the experimental class. The draft design of the study using the method of Quasi Experiment Preetest-Posttest Control Group Design. Collecting data using test essay question and questionnaire, and data analysis using statistical parametric t-test with a significance level of 0.05. From the results of Anova test found that the results of the data 0.000 < 0.05, which shows the learning blended learning-based quided inquiry is effective against student mastery of concepts with the results of N-Gain in the control group amounted to 40.6% with the category of less effective and the experimental class of 68.8% with the category quite effective. Learning blended learning-based quided inquiry is effective against the ability of creative thinking of students on the aspects of fluency by 71%, originality by 75%, and the elaboration of 75% including both categories, while on the aspect fleksibility included in the very good category with a percentage of 81%. From the results of the questionnaire responses of students towards learning blended learning-based quided inquiry included in the very good category with an average value of 82,71.

Abstrak. Tujuan dari penelitian ini untuk 1) mengetahui keefektivan pembelajaran blended learning berbasis quided inquiry terhadap kemampuan penguasan konsep mahasiswa, dan 2) mengetahui keefektivan pembelajaran blended learning berbasis quided inquiry terhadap kemampuan berpikir kreatif mahasiswa. Penelitian ini melibatkan 71 mahasiswa sebagai sampel penelitian melalui random sampling yang berasal dari semester II Program Sarjana Farmasi di Sekolah Tinggi Farmasi Muhammadiyah Tangerang dengan kategori Kelas A sebagai kelas kontrol dan Kelas B sebagai kelas eksperimen. Rancangan desain penelitian menggunakan metode Quasi Experiment Preetest-Posttest Control Group Design. Pengumpulan data menggunakan tes soal essay dan angket, dan analisis data menggunakan statistik parametrik uji-t dengan taraf signifikansi 0,05. Dari hasil uji Anova diperoleh bahwa hasil data 0,000 < 0,05 yang menunjukkan pembelajaran blended learning berbasis quided inquiry efektif terhadap penguasaan konsep mahasiswa dengan hasil N-Gain pada kelompok kontrol sebesar 40,6% dengan kategori kurang efektif dan kelas eksperimen sebesar 68,8% dengan kategori cukup efektif. Pembelajaran blended learning berbasis quided inquiry efektif terhadap kemampuan berpikir kreatif mahasiswa pada aspek fluency sebesar 71%, originality sebesar 75%, dan elaboration sebesar 75% termasuk kategori baik, sedangkan pada aspek fleksibility termasuk ke dalam kategori sangat baik dengan persentase 81%. Dari hasil angket tanggapan mahasiswa terhadap pembelajaran blended learning berbasis quided inquiry termasuk dalam kategori sangat baik dengan nilai rata-rata 82,71.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aini, F. N. Q., & Ismono, I. (2020). Implementation of Guided Inquiry Learning Model Based Blended Learning to Train Creative Thingking Skill of Eleventh Grade Students in The Factors that Affect of Chemical Equilibrium. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, 9(3), 67-78.

Akhmalia, N.L., Maharta, N., & Suana, W. (2018). Efektivitas Blended Learning Berbasis LMS dengan Model Pembelajaran Inkuiri Pada Materi Fluida Statis Terhadap Penguasaan Konsep. JIPFRI (Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika dan Riset Ilmiah). 2(2); 56-64.

Bawaneh, S.S. (2011). The Effects Of Blended Learning Approach On Students’ Performance: Evidence From A Computerized Accounting Course. Interdisciplinary Journal of Research in Business. Vol. 1, Issue. 4, April 2011. p.43–50

Borba, M.C., Askar, P., Engelbrecht, J., Gadanidis, G., Llinares, S., & Aguilar, M.S. (2016). Blended Learning, E-Learning, an Mobile Learning in Mathematics Education. ZDM, 48(5); 589-610.

Czaplinski, I. & Fielding A.L. (2020). Developing A Contextualised Blended Learning Framework To Enhancemedical Physics Student Learning And Engagement. Physica Medica. 72: 22-29.

Effendi, K. N., & Farlina, E. (2017). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP kelas VII dalam Penyelesaian Masalah Statistika. Jurnal Analisa, 3(2), 130-137.

Fatwa, M. W., Harjono, A., & Jamaluddin, J. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Dan Penguasaan Konsep Sains Ditinjau Dari Pengetahuan Awal Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 4(1), 121-130.

Fitriatien, S. R. (2017). Pengantar statistika untuk penelitian: Suatu kajian. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 13(23), 47-53.

Frydenberg, M.E., & Andone, D. (2011). Learning for 21st Century Skills. IEEE’s International Conference on Information Society, London, 27-29 June 2011, 314-318.

Hermawanto., Kusairi, S., & Wartono. (2013). Pengaruh Blended Learning Terhadap Penguasaan Konsep dan Penalaran Fisika Peserta Didik Kelas X. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia. 9(1); 67-76.

Husni, A., Juanda, E.A., & Hamidah, I. (2010). Model Pembelajaran Kooperatif Berbantuan Web Pada Materi Fluida Statis Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa SMA. Prossiding Seminar Nasional Fisika 2010. p.451-458.

Indrawan, I.P., Gede, A.J.S & I Komang, W.B.W. (2019). Kreativitas dan Motivasi Belajar Mahasiswa dalam Implementasi Blended Learning Berbasis Bali. International Journal of Natural Sciences and Engineering. 3(2): 70-78

Istiningsih, S. & Hasbullah. (2015). Blended Learning: Trend Strategi Pembelajaran Masa Depan, Jurnal Elemen. 1(1): 49-56

Khomaidah, S., dan Koeswanti, H.D. (2020). Efektivitas Problem Based Learning dan Guided Inquiry Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2) ; 371-378.

Mayasari, F., Santoso, S., & Octoria, D. (2016). Upaya Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Melalui Penerapan Blended Learning Berbantuan Quipper School. Jurnal Tata Arta UNS, 2(3), 148-161.

Purwanto. (2013). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Rahayu, E.S., & Nuryata, I.M. (2010). Pembelajaran Masa Kini. Jakarta: Sekarmita Training publishing

Sudarmanto, E., Kurniullah, A. Z., Revida, E., Ferinia, R., Butarbutar, M., Abdilah, L. A., ... & Suyuthi, N. F. (2021). Desain Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif. Yayasan Kita Menulis.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan, Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susilowati, E., & Dewantara, D. (2021). Pengaruh Blended Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Dan Ketrampilan Berpikir Kreatif. Prosiding Seminar Nasional Lingkungan Lahan Basah (Vol. 6, No. 1). p.1-5.

Trilling, B., & Fadel, C. (2009). 21st Century Skills: Learning for Life in Our Times. New Jersey: John Wiley & Sons.

Wardani, D.N., Anselmus, J.E.T., & Agus, W. (2018). Daya Tarik Pembelajaran di Era 21 dengan Blended Learning. JKTP. 1(1): 13-18.

Winarsih, S., & Priatmoko, S. (2019). Analisis Pemahaman Konsep Menggunakan Three-Tier Multiple Choice Test pada Pembelajaran Hidrolisis Berbantuan Metode Blended Learning Berbasis Inkuiri Terbimbing. Chemistry in Education, 8(2), 29-36.

Zinnuraini., Ulfa, M., & Husnannisa, W. (2021). Penerapan Pembelajaran Blanded Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif: Meta Analisis. Prosiding Penelitian Pendidikan dan Pengabdian 2021, 1(1), 413-426.

Downloads

Published

2021-12-16

How to Cite

Putri, R., & Fhatonah, N. (2021). Efektivitas Blended Learning Berbasis Quided Inquiry Terhadap Penguasaan Konsep Dan Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa Pada Mata Kuliah Anatomi Fisiologi Manusia : (The Effectiveness of Blended Learning Based Quided inquiry on The Mastery of Concepts and The Ability of Creative Thinking of Students in a Course Anatomy Human Physiology). BIODIK, 7(4), 39-49. https://doi.org/10.22437/bio.v7i4.14476