Validitas dan Keterbacaan Penuntun Praktikum Berbasis Pendekatan Saintifik pada Materi Jaringan Tumbuhan

(Validity and Readability of Scientific Approach-based practicum Guidance on Plant Tissue Material)

Authors

  • Sendi Okta Saputra IAIN Palangka Raya
  • Ayatusa'adah Ayatusa'adah IAIN Palangka Raya
  • Nurul Septiana IAIN Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.22437/bio.v8i4.13018

Abstract

The research aims to determine the validity and readability of practicum guidance based on scientific approaches to plant tissue material at SMAN 3 Palangka Raya. Research methods are research and development with ADDIE development models (analysis, design, development, applying, and evaluating) that are carried out only up to small-scale tests to measure the readability of practicum guidance. The instruments in this study are validation sheets of material experts and design experts for 2 validators as well as readability sheets for students of grade XI MIPA SMAN 3 Palangka raya odd semester 2020/2021 as many as 7 people. The data obtained in the analysis is descriptive. the results of the research showed that the practicum guide developed was declared valid by material experts and design experts with excellent criteria. Practicum guides are also expressed very well by learners. This result indicates that scientific-based practicum guidance on plant tissue material that is developed is eligible for further use in the learning process. For the next researchers, practicum guide developed, in order to be tested for effectiveness.

Abstrak

Penelitian bertujuan untuk mengetahui validitas dan keterbacaan penuntun praktikum berbasis pendekatan saintifik pada materi jaringan tumbuhan di SMAN 3 Palangka Raya. Metode penelitian adalah penelitian dan pengembangan dengan model pengembangan ADDIE (analisis, desain, mengembangkan, menerapkan, dan mengevaluasi) yang dilaksanakan hanya sampai uji skala kecil untuk mengukur keterbacaan penuntun praktikum. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar validasi ahli materi dan ahli desain untuk 2 orang validator serta lembar keterbacaan untuk peserta didik kelas XI MIPA SMAN 3 Palangka raya semester ganjil tahun ajaran 2020/2021 sebanyak 7 orang. Data yang diperoleh di analisis secara deskriptif. hasil penelitian menujukkan penuntun praktikum yang dikembangkan dinyatakan valid oleh ahli materi dan ahli desain dengan kriteria sangat baik. Penuntun praktikum juga dinyatakan sangat baik oleh peserta didik. Hasil ini menujukkan penuntun praktikum berbasis saintifik pada materi jaringan tumbuhan yang dikembangankan layak untuk digunakan untuk selanjutnya di implementasikan dalam proses pembelajaran. Bagi peneliti selanjutnya penuntun praktikum yang dikembangkan, agar dapat di uji efektivitasnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2018). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (3rd ed.). Bumi Aksara.

Candra, R., & Hidayati, D. (2020). Penerapan Praktikum dalam Meningkatkan Keterampilan Proses dan Kerja Peserta Didik di Laboratorium IPA. Edugama: Jurnal Kependidikan Dan Sosial Keagamaan, 6(1), 26–37. https://doi.org/10.32923/edugama.v6i1.1289

Dahliana, D., Setiawati, N. S., & Taufina, T. (2019). Pendekatan Saintifik Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pembelajaran Ipa Di Kelas Iv Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pesona Dasar, 7(2), 10–17. https://doi.org/10.24815/pear.v7i2.14754

Eliyanti, E., Taufina, T., & Hakim, R. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Keterampilan Menulis Narasi dengan Menggunakan Mind Mapping dalam Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 838–849. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.439

Fadhilaturrahmi, F. (2017). Penerapan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik Peserta Didik di Sekolah Dasar. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 9(2), 109. https://doi.org/10.17509/eh.v9i2.7078

Fajriani, S. A., Hasnunidah, N., & Yolida, B. (2018). Pengembangan Buku Penuntun Praktikum Sistam Pencernaan pada Manusia dengan Model Argument-Driven Inquiry (ADI) Selvina. Jurnal Bioterdidik Wahana Ekspresi Ilmiah, 1(1), 105–112.

Ferwati, W., & Srimulat, F. E. (2020). Gambaran Validasi Pengembangan Buku Petunjuk Praktikum Mata Kuliah Struktur Hewan Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Al Washliyah Labuhanbatu. Jurnal Edu-Bio: Education and Biology, 2(1), 1–6.

Hariyanto, & Anantyarta, P. (2018). Pengembangan Petunjuk Praktikum Protista Kelas X Sma Ma’Arif Nu Pandaan. Bioma : Jurnal Biologi Dan Pembelajaran Biologi, 3(1), 11–21. https://doi.org/10.32528/bioma.v3i1.1322

Hendriyani, M. E., & Novi, R. (2020). Laporan Praktikum Mandiri Dalam Bentuk Video Presentasi Untuk Mengembangkan Kreativitas Dan Komunikasi Lisan Di Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, 3(1), 328–339.

Imran, E. (2016). Penerapan Scientific Approach Pada Pengembangan Perangkat. JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar), 1(1), 22–34. https://doi.org/https://doi.org/10.26618/jkpd.v1i1.948

Kurniasih, M. D., Nugraheni, D., & Kurniati, L. (2017). Pengembangan Perangkat Light Spectrum Filtering Cube Untuk Memberdayakan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Materi Gerak Tumbuhan. PSEJ (Pancasakti Science Education Journal), 2(1), 22–31. https://doi.org/10.24905/psej.v2i1.655

Muhammad, H., Murtinugraha, R. E., & Musalamah, S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Moodle Pada Mata Kuliah Metodologi Penelitian. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil (JPenSil), 9(1), 54–60. https://doi.org/10.21009/jpensil.v9i1.13453

Nazarullah, M., & Muamar, M. R. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa pada Materi Jaringan Hewan di Kelas XI-MIA SMA Negeri 1 Nisam. JESBIO: Jurnal Edukasi Dan Sains Biologi, IX(2), 50–54.

Novita, E. (2020). Pengembangan Buku Pedoman Praktikum Berbasis Keterampilan Proses Dasar Sains Kelas IV Sekolah Dasar. Journal Evaluation in Education (JEE), 1(1), 34–41. https://doi.org/10.37251/jee.v1i1.38

Pohan, S. A., & Dafit, F. (2021). Pelaksanaan Pembelajaran Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1191–1197. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.898

Prasasti, P. A. T. (2017). Efektivitas Scientific Approach With Guided Experiment Pada Pembelajaran Ipa Untuk Memberdayakan Keterampilan Proses Sains Siswa Sekolah Dasar. Profesi Pendidikan Dasar, 4(1), 19–26. https://doi.org/10.23917/ppd.v1i1.3623

Prastowo. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif Menciptakan Metode Pembelajaran Yang Menarik Dan Menyenangkan. DIVA Press.

Rahmi, E. G., & Silvina, R. (2019). Analisis Validitas Terhadap Pengembangan Penuntun Praktikum Ipa Berbasis Model Pembelajaran Collaborative Teamwork Learning (Ctl) Untuk Siswa Smpn Se Kecamatan Bonjol Kabupaten Pasaman. Perspektif Pendidikan Dan Keguruan, 10(2), 1–6. https://doi.org/https://doi.org/10.25299/perspektif.2019.vol10(2).3929

Rohman, & Amri. (2013). Strategi dan Desain Pengembangan Sistem Pembelajaran. Prestasi Pustakarya.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Alfabeta.

Suhartati. (2016). Penerapan Pendekatan Saintifik pada Materi Relasi dan fungsi di Kelas X MAN 3 Banda Aceh. Jurnal Serambi PTK, III(1), 107–112.

Supardi, K. (2017). Media Visual dan Pembelajaran IPA dalam Men. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 1(2), 201–204. http://unikastpaulus.ac.id/jurnal/index.php/jipd/article/view/266/189

Syamsu, F. D. (2017). Pengembangan Penuntun Praktikum IPA Berbasis Inkuiri Terbimbing Untuk Siswa SMP Siswa Kelas VII Semester Genap. BIOnatural, 4(2), 13–27.

Wahab, A., Masriani, & Sartika, R. P. (2021). Pengembangan Penuntun Praktikum Titrasi Asam Basa Berbasis Inquiri Terbimbing. Education and Development, 9(3), 75–80. https://doi.org/https://doi.org/10.37081/ed.v9i3.2690

Downloads

Published

2022-12-18

How to Cite

Okta Saputra, S., Ayatusa’adah, A., & Septiana, N. (2022). Validitas dan Keterbacaan Penuntun Praktikum Berbasis Pendekatan Saintifik pada Materi Jaringan Tumbuhan: (Validity and Readability of Scientific Approach-based practicum Guidance on Plant Tissue Material). BIODIK, 8(4), 48-58. https://doi.org/10.22437/bio.v8i4.13018