This is an outdated version published on 2018-12-31. Read the most recent version.

APLIKASI SISTEM INSPEKSI BUS BERBASIS WEB PADA TERMINAL BUS PULO GEBANG

DOI:

https://doi.org/10.22437/juss.v1i2.5926

Keywords:

Aplikasi, Inspeksi Bus, Codeigniter, Terminal Terpadu Pulo Gebang

Abstract

Inspeksi bus adalah serangkaian kegiatan pemeriksaan unsur administrasi dan unsur teknis, baik unsur teknis utama maupun unsur teknis penunjang terhadap setiap bus antarkota antarprovinsi (AKAP) yang akan berangkat atau keluar dari terminal, yang dilakuan oleh petugas/tim uji dalam rangka menjamin keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan dengan terhindarnya setiap orang dari resiko kecelakaan selama berlalu lintas yang disebabkan oleh manusia, kendaraan, jalan dan/atau lingkungan.

Kegiatan inspeksi bus di Terminal Terpadu Pulo Gebang yang masih menggunakan sistem manual mengakibatkan pengadministrasian berkas yang tidak teratur, rawan hilang atau rusak, sulitnya mencari riwayat inspeksi bus jika diperlukan, dan lemahnya sistem monitoring atau pelaporan kegiatan inspeksi tersebut. Berdasarkan hal tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk membuat “Aplikasi Inspeksi Bus Berbasis Web Menggunakan Framework Codeigniter Pada Terminal Terpadu Pulo Gebangâ€.

Aplikasi ini dibuat menggunakan metode pengembangan perangkat lunak sekuensial linier (waterfall) yang terdiri dari analisa kebutuhan, desain sistem, penulisan kode program, pengujian program dan penerapan program yang diimplementasikan dengan bahasa pemrograman PHP, basis data MySQL dan framework Codeigniter. Pengujian yang dilakukan terhadap sistem ini yaitu pengujian blackbox.

Dengan implementasi aplikasi ini dapat menyelesaikan masalah yang ada pada proses inspeksi bus dan mempermudah kerja pegawai dan pimpinan di Unit Pengelola Terminal Terpadu Pulo Gebang.

 

Kata kunci:

Penelitian, Aplikasi, Inspeksi Bus, Codeigniter, Terminal Terpadu Pulo Gebang

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-12-31

Versions

How to Cite

APLIKASI SISTEM INSPEKSI BUS BERBASIS WEB PADA TERMINAL BUS PULO GEBANG. (2018). JUSS (Jurnal Sains Dan Sistem Informasi), 1(2), 23-33. https://doi.org/10.22437/juss.v1i2.5926