Kebijakan Inovasi Pelayanan Administrasi Kependudukan dimasa Pandemi Covid–19 dalam Rangka Mewujudkan Good Governance di Kota Jambi

Authors

  • Hapsa Dosen Program Studi Pemerintahan Fakultas Hukum Universitas Jambi
  • Alva Beriansyah Dosen Program Studi Pemerintahan Fakultas Hukum Universitas Jambi

Keywords:

Inovasi Pelayanan;, Good Governance;, Covid-19;, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Jambi.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebijakan inovasi pelayanan publik pada Dinas
Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Jambi. Kebijakan inovasi pelayanan administrasi
kependudukan pada aspek pelayanan publik, inovasi pelayanan, dokumen kependudukan
dan output pelayanan bagi masyarakat. Era digitalisasi telah dilakukan penyesuaian dalam
penyelenggaraan pelayanan kepada masyarakat dengan kebutuhan era serba teknologi
sebagaimana tertuang dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 7
Tahun 2019 tentang Pelayanan Administrasi Kependudukan Secara Online ( dalam
jaringan) program ini diperkuat dengan mewabahnya covid-19 yang membatasi mobilitas
masyarakat. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Keabsahan data diperoleh
setelah pengambilan data primer dan data sekunder secara sistematis dari informan
melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Metode studi kasus dan
analisis data kualitatif induktif untuk menarik kesimpulan yang kredibel Penerapan
kebijakan inovasi pelayanan pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Jambi
khususnya di mas Pandemi covid-19 menunjukkan sudah melakukan beberapa Inovasi
pelayanan dalam tiga aspek yaitu inovasi layanan, system pelayanan dan proses pelayanan
publik, akan tetapi kualitas pelayanan belum sepenuhnya menujukan pelayanan prima
yang merupakan bagian dari good governance seutuhnya baik pada percepatan proses
dokumen kependudukan , pelayanan yang efisien dan efektif, perlakuan birokrasi dalam
mewujudkan kinerja pemerintahan yang profesional, produktif, inovatif dan
akuntabel,terlihat bahwa dinas masih berada pada tahapan transisi dan penyesuain dalam
terwujud layanan kepada masyarakat layanan yang mudah, cepat, efektif, dan gratis dalam
memperoleh dokumen kependudukan untuk keperluan administrasi lainnya dalam
mewujudkan tata pemerintahan yang baik, terlihat dari inovasi yang sudah dilakukan
berupa penataan dan penempatan SDM, keterlibatan dan kolaborasi bersama pihak ketiga
(swasta) Lippo Mall dalam penempatan mesin ADM, pelayanan melalui WhatsAp, dan
aplikasi SiPaduko.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-12-30