Analisis Keterampilan Teknik Tendangan T Pada Siswa Ekstrakurikuler Pencak Silat SD Nurul Khoir Jambi

Authors

  • Yuni Melisa Simamora Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Universitas Jambi
  • Sukendro Sukendro Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, Universitas Jambi
  • Fitri Diana Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, Universitas Jambi
  • Yusradinafi Yusradinafi Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/jptd.v10i1.42287

Abstract

Permasalahan utama yang dihadapi adalah kurangnya pemahaman siswa terhadap keterampilan teknik tendangan T yang benar, mulai dari posisi kaki, badan, hingga perkenaan tendangan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterampilan teknik tendangan T pada siswa ekstrakurikuler pencak silat SD Nurul Khoir Jambi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Sampel dalam penelitian ini adalah 15 siswa SD Nurul Khoir Jambi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan dokumentasi. Instrument pengumpulan data berupa lembar tes untuk teknik analisis data mengunakan total sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 40% siswa mempunyai keterampilan teknik tendangan T sangat baik, 53,33% baik, dan 6,67% cukup. Secara keseluruhan keterampilan teknik tendangan T siswa relatif baik, hal ini mencerminkan efektivitas program latihan yang diberikan. Latihan yang terstruktur dan bervariasi terbukti berkontribusi dalam meningkatkan kemampuan siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-06-29