Jurnal Pendidikan Tematik Dikdas https://online-journal.unja.ac.id/JPTD <p><em><strong>Jurnal Pendidikan Tematik Dikdas</strong></em> terbit dua kali setahun pada bulan Juni dan Desember dangan<strong> E-ISSN <a title="ISSN" href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/1462940376" target="_blank" rel="noopener">2527-6905 </a></strong>berisi tulisan gagasan konseptual, kajian dan aplikasi teori, tulisan praktisi dan hasil penelitian dan pengajaran dalam bidang keilmuaan pendidikan dasara termasuk pendidikan sekolah dasar, pendidikan taman kanak-kanak, dan pendidikan anak usia dini<strong>. </strong>Jurnal Pendidikan Tematik Dikdas diterbitkan oleh Program Studi Magister Pendidikan Dasar Universitas Jambi.</p> en-US jptd@unja.ac.id (Dr. Atri Widowati, S.Pd., M.Or) ferdiaz.saudagar@unja.ac.id (Ferdiaz Saudagar) Fri, 01 Dec 2023 00:00:00 +0700 OJS 3.2.1.1 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Muatan IPA Menggunakan Model Contextual Teaching and Learning di Madrasah Ibtidaiyah https://online-journal.unja.ac.id/JPTD/article/view/23763 <p>Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada tema "Selalu Berhemat Energi" dengan subtema "Sumber Energi" di kelas IV MI Salamah Kota Jambi. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model <em>Contextual Teaching and Learning</em> (CTL) pada tema "Selalu Berhemat Energi" dengan subtema "Sumber Energi" di kelas IV MI Salamah Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Salamah Kota Jambi yang berjumlah 24 orang, terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah menerapkan model <em>Contextual Teaching and Learning</em> (CTL), hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Sebelum dilakukan tindakan, hasil belajar siswa kelas IV MI Salamah Kota Jambi masih rendah. Setelah dilakukan tindakan pada siklus pertama, hasil belajar siswa meningkat menjadi 72,8. Sedangkan setelah dilakukan tindakan pada siklus kedua, hasil belajar siswa kelas IV MI Salamah Kota Jambi mencapai 97,9.</p> <p><strong> </strong><strong>Kata Kunci</strong> : CTL, Hasil Belajar Siswa, IPA</p> Rita Gusrianti, Atri Widowati Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan Tematik Dikdas https://online-journal.unja.ac.id/JPTD/article/view/23763 Fri, 01 Dec 2023 00:00:00 +0700 Meningkatkan Keterampilan Membaca Melalui Pembelajaran Media Buku Cerita Bergambar pada Siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu https://online-journal.unja.ac.id/JPTD/article/view/24106 <p>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca menggunakan media buku cerita bergambar dengan subjek penelitian berupa 32 siswa kelas I SDIT Nurul Hikmah Tanjung Jabung Timur. Sebelum tindakan dilakukan, teridentifikasi permasalahan bahwa sebagian siswa masih memiliki keterampilan membaca yang rendah, karena kurangnya keterlibatan aktif dalam pembelajaran dan kurangnya variasi media yang digunakan oleh guru, menyebabkan ketidakmotivasian siswa. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, diperlukan penggunaan media pembelajaran yang menarik seperti buku cerita bergambar, yang dapat merangsang minat baca dan rasa ingin tahu siswa. Instrumen pengumpulan data meliputi lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi siswa, dan tes. Hasil analisis menunjukkan perbaikan proses pembelajaran dari sebelum tindakan hingga siklus I dan siklus II, dengan persentase ketuntasan membaca meningkat drastis dari 28% menjadi 91%.</p> <p><strong> </strong><strong>Kata kunci</strong> : Keterampilan Membaca, Cerita Bergambar</p> Miftahul Haqqah, Ugi Nugraha Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan Tematik Dikdas https://online-journal.unja.ac.id/JPTD/article/view/24106 Fri, 01 Dec 2023 00:00:00 +0700 Implementasi Profil Pelajar Pancasila pada Konsep Merdeka Belajar Kurikulum Merdeka https://online-journal.unja.ac.id/JPTD/article/view/26149 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi profil pelajar pancasila dimensi beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, dimensi berkebinekaan global, dimensi gotong royong, dimensi mandiri, dimensi bernalar kritis dan dimensi kreatif di sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 205/IV Kota Jambi pada semester genap Tahun Ajaran 2022/2023. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara dan studi dokumen. Subjek penelitian pada penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru kelas 1. Uji validitas menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa profil pelajar pancasila pada konsep merdeka belajar kurikulum merdeka telah diimplementasikan di SDN 205/IV Kota Jambi. Tahapan implementasi melalui kegiatan proyek telah diimplementasikan sesuai dengan yang tertuang pada kemendikbud 2022, yakni dimulai dari memahami projek penguatan profil pelajar pancasila, menyiapkan ekosistem sekolah, mendesain proyek penguatan profil pelajar pancasila, mengelola asesmen dan melaporkan projek penguatan profil pelajar pancasila, hingga evaluasi dan tindak lanjut projek penguatan profil pelajar pancasila. Pada tahap pelaksanaan, kepala sekolah juga terlibat secara aktif. Implementasi profil pelajar pancasila juga sudah diimplementasikan dengan baik melalui budaya sekolah, projek penguatan profil pelajar pancasila, pembelajaran intrakulikuler, ekstrakulikuler, dan keteladanan.</p> <p><strong>Kata Kunci</strong>: Implementasi, Kurikulum Merdeka</p> Lailatul Istiqomah, Eddy Haryanto Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan Tematik Dikdas https://online-journal.unja.ac.id/JPTD/article/view/26149 Fri, 01 Dec 2023 00:00:00 +0700 Kesiapan Guru dalam Merancang Modul Ajar Kurikulum Merdeka Belajar https://online-journal.unja.ac.id/JPTD/article/view/26150 <p>Tujuan penelitian ini adalah menggambarkan kesiapan guru dalam merancang modul ajar kurikulum merdeka belajar di SDN 205/IV Kota Jambi, dan mengidentifikasi hambatan-hambatan yang dihadapi guru dalam merancang modul ajar kurikulum merdeka di SDN 205/IV Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian meliputi kepala sekolah, guru kelas 1, dan guru kelas 4. Objek penelitian ini adalah kesiapan guru kelas dalam merancang modul ajar kurikulum merdeka belajar. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan teknik reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Guru telah mengikuti pelatihan IHT untuk meningkatkan kualitas diri guna merancang perangkat ajar kurikulum merdeka. Guru juga rutin mengikuti KKG, Sealain itu terdapat kendala yang dihadapi guru dalam merancang modul ajar, antara lain kurangnya referensi, kurangnya kreativitas, serta keterbatasan buku ajar dan koneksi internet, sehingga mereka kesulitan mendapatkan materi ajar yang memadai. Untuk mengatasi kendala tersebut, pihak sekolah telah menyediakan fasilitas yang memadai guna mencapai tujuan yang diinginkan. Selain itu, guru juga aktif mengikuti kegiatan KKG besar dan KKG kecil.</p> <p><strong>Kata Kunci</strong>: <strong>: </strong>Kesiapan guru, Modul Ajar, Kurikulum Merdeka</p> Desya Mas Ningrum, Muhammad Sofwan Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan Tematik Dikdas https://online-journal.unja.ac.id/JPTD/article/view/26150 Fri, 01 Dec 2023 00:00:00 +0700 Analisis Kemampuan Membaca Permulaan pada Siswa Sekolah Dasar https://online-journal.unja.ac.id/JPTD/article/view/26399 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan membaca permulaan siswa dan faktor yang menjadi penghambat dalam membaca permulaan siswa dan solusi yang diambil guru terhadap hambatan dalam membaca permulaan siswa kelas II SD Negeri No. 145/VII Lubuk Resam IV. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus yang menekankan pada pengumpulan informasi mendalam dan mendetail tentang semua yang berhubungan dengan subjek penelitian, kemudian menghasilkan data secara deskriptif berupa kata-kata tertulis maupun lisan dari subjeknya yang diperoleh dari hasil wawancara, observasi, dan data dokumen mengenai kemampuan membaca permulaan siswa yang berkaitan dengan, pengenalan huruf, pelafalan huruf, pelafalan suku kata, pelafalan kata dan kalimat serta intonasi dalam membaca teks bacaan. Partisipan pada penelitian ini adalah siswa kelas II yang belum bisa membaca yang berjumlah 5 orang, orang tua siswa, wali kelas, dan kepala sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada 2 faktor yang menyebabkan permasalahan dalam kemampuan membaca permulaan pada siswa kelas II yaitu faktor internal yang merupakan kurangnya motivasi dalam belajar atau peserta didik kurang berminat dalam belajar dan Faktor eksternal yaitu kurangnya perhatian dari orang tua, guru masih menggunakan metode ceramah atau pembelajaran yang masih berpusat pada guru atau disebut dengan teacher, dan guru masih menggunakan buku paket tidak memanfaatkan media pembelajaran untuk menarik ketertarikan siswa pada proses pembelajaran. Intinya guru mempersiapkan diri agar dapat meminimalisir hal–hal yang dapat memicu timbulnya hambatan dalam membaca permulaan, seperti memahami karakteristik siswa, pengelolaan kelas, metode pembelajaran yang <em>up to date</em> dan penggunaaan media pembelajaran yang mampu meningkatkan minat dan hasil belajar siswa.</p> <p><strong>Kata Kunci</strong>: kemampuan membaca permulaan</p> Siti Hodijah, Yantoro Yantoro, Destrinelli Destrinelli Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan Tematik Dikdas https://online-journal.unja.ac.id/JPTD/article/view/26399 Fri, 01 Dec 2023 00:00:00 +0700 Pengaruh Implementasi Permainan Tradisional Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika https://online-journal.unja.ac.id/JPTD/article/view/27379 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan tradisional daerah Kabupaten Sarolangun terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran matematika di SD N 89/VII Pulau Lintang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif, dengan menggunakan <em>Quasi eksperimental design </em>sebagai jenis penelitian yang digunakan. Serta pretest <em>post test control group design </em>sebagai rancangan Dalam penelitian ini. Populasi dalam penelitian ini yaitu 4 sekolah dasar yaitu SDN 89/VII Pulau Lintang, SDN 21/VII Penarun, SD N 106/VII Tanjung III dan SD N 46/VII Tanjung II. Sampel pada penelitian ini yaitu 26 siswa kelas IV SD N 89/VII Pulau Lintang. Hasil dari penelitian ini yaitu pengaruh permainan tradisional daerah Kabupaten Sarolangun terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran matematika di SD N 89/VII Pulau Lintang memiliki nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 dan nilai Sig. (2-tailed) &lt; 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis diterima yang berarti bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terdapat pengaruh permainan tradisional terhadap hasil belajar siswa</p> <p><strong>Kata Kunci</strong>: Hasil Belajar, Pembelajaran Matematika, Permainan Tradisional</p> Sri Wiliah Ningtiasih, Hadiyanto Hadiyanto Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan Tematik Dikdas https://online-journal.unja.ac.id/JPTD/article/view/27379 Fri, 01 Dec 2023 00:00:00 +0700 Pengembangan Buku Saku Sebagai Media Pengenalan Olahraga Petanque pada Siswa SD/MI Kota Jambi https://online-journal.unja.ac.id/JPTD/article/view/31795 <p>Tujuan dari penelitian ini untuk mengembangkan buku saku sebagai media pengenalan cabang olahraga <em>petanque</em> Jenis data penelitian research and development ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari komentar dan saran hasil uji coba produk kelompok kecil, besar dan para ahli secara deskriptif. Hasil akhir dari kegiatan penelitian pengembangan ini adalah produk pengembangan buku saku sebagai media pengenalan olahraga <em>petanque </em>yang berdasarkan data pada saat uji coba sekala kecil (N=10) dan uji coba sekala besar (N=20). Uji coba sekala kecil didapat presentase 83%. Berdasarkan kriteria yang telah ditentukan maka pengembangan buku saku sebagai media pengenalan olahraga <em>petanque </em>ini telah memenuhi kriteria layak, Uji coba sekala besar didapat presentase 96%. Berdasarkan kriteria yang telah ditentukan maka pengembangan buku saku sebagai media pengenalan olahraga <em>petanque. </em>ini telah memenuhi kriteria sangat layak, sehingga produk ini sangat layak digunakkan untuk siswa SD/MI Kota Jambi.Peneliti telah melakukan tahap-tahap penelitian RnD mulai dari masalah, mengumpulkan informasi, desain produk, validasi produk, perbaikan desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk 2, produk massal. Pada akhir tahap penelitian ini juga dapat kesimpulan bahwa produk pengembangan buku saku sebagaia media pengenalan olahraga <em>petanque </em>siswa SD/MI Kota Jambi sudah di revisi oleh para ahli dan sudah efektif untuk dijadikan produk pengembangan serta dapat dipakai.</p> <p><strong>Kata Kunci</strong>: Pengembangan, Buku Saku, Pengenalan, Olahraga Petanque</p> Elsye Aulia Hananda, Rasyono Rasyono, Ely Yuliawan Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan Tematik Dikdas https://online-journal.unja.ac.id/JPTD/article/view/31795 Fri, 01 Dec 2023 00:00:00 +0700