Literature Review: Pemanfaatan Film Sebagai Media Penguatan Karakter Siswa
DOI:
https://doi.org/10.22437/jptd.v9i2.38605Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan pengaruh film sebagai alat untuk pembelajaran terhadap karakter siswa serta menumbuhkan empati pada siswa. Penguatan karakter sangat penting bagi peserta didik karena ini bagian peletakan pondasi karakter yang mampu membawa peserta didik tumbuh dengan baik di masa depan. Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil pengamatan yang melihat bahwa banyak sekali siswa yang belum terbentuk karakter khasnya. Oleh karena itu, perlu diberikan media pendidikan yang tepat dan dapat membentuk karakter siswa menjadi lebih baik. Media pendidikan tersebut dengan menggunakan film yang mendidik. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif sebagai metode penelitian untuk menghasilkan data deskriptif berupa narasi keseluruhan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah tinjauan pustaka. Penelitian kepustakaan dilakukan dengan mengkaji dan memahami berbagai literatur perpustakaan baik berupa buku, majalah, artikel, catatan, maupun hasil penelitian terdahulu yang fokus pada pemanfaatan film sebagai media penguatan kepribadian siswa yang dilakukan. Berdasarkan hasil telaah literatur review dapat disimpulkan bahwa film dapat dijadikan media penguatan karakter karna memiliki nilai-nilai karakter yang baik untuk ditiru seperti religius, jujur, disiplin, mandiri, peduli sosial, bersahabat/komunikatif, dan tanggung jawab. Karakter-karakter unggul tersebut bisa digunakan untuk penguatan pendidikan karakter bagi siswa.
Kata Kunci: Film Animasi, Karakter Siswa, Sekolah Dasar