Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Siswa Sekolah Dasar: Literatur Review
Abstract
Studi ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan berpikir kritis pada siswa sekolah dasar melalui studi kepustakaan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kepustakaan dengan mengkaji penelitian-penelitian terdahulu yang relevan, khususnya artikel jurnal yang terbit antara tahun 2020 hingga 2024 dan berfokus pada keterampilan berpikir kritis. Relevansi penelitian terdahulu dinilai berdasarkan kesamaan tema, yaitu upaya peningkatan kemampuan berpikir kritis pada siswa sekolah dasar, serta kualitas jurnal yang terakreditasi. Tujuannya adalah untuk mengidentifikasi dan menganalisis berbagai upaya yang telah dilakukan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis secara lebih cepat, efektif, dan efisien pada pendidikan dasar. Studi ini mengulas 20 jurnal, dengan mempertimbangkan aspek-aspek seperti sumber kutipan, jenis sampel, metode penelitian, intervensi, dan hasil yang disajikan dalam jurnal. Hasil analisis menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kritis idealnya mulai dilatih dan dikembangkan mulai dari kelas IV dan V di sekolah dasar. Beberapa jurnal mencatat keberhasilan intervensi instruksional seperti pembelajaran berbasis masalah dan proyek dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Peningkatan signifikan dalam kemampuan berpikir kritis siswa kelas V setelah menerapkan pembelajaran berbasis proyek. Studi ini juga menemukan bahwa pendekatan pengajaran seperti tugas terbuka dan penggunaan permainan berkontribusi positif terhadap pengembangan keterampilan berpikir kritis. Selain itu, kemampuan berpikir kritis berkorelasi langsung dengan hasil belajar dan motivasi siswa
Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kritis, Siswa Sekolah Dasar