Meningkatkan Keterampilan Membaca Melalui Pembelajaran Media Buku Cerita Bergambar pada Siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu

Authors

  • Miftahul Haqqah Sekolah Dasar Islam Terpadu Nurul Hikmah Tanjung Jabung Timur
  • Ugi Nugraha Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/jptd.v8i2.24106

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca menggunakan media buku cerita bergambar dengan subjek penelitian berupa 32 siswa kelas I SDIT Nurul Hikmah Tanjung Jabung Timur. Sebelum tindakan dilakukan, teridentifikasi permasalahan bahwa sebagian siswa masih memiliki keterampilan membaca yang rendah, karena kurangnya keterlibatan aktif dalam pembelajaran dan kurangnya variasi media yang digunakan oleh guru, menyebabkan ketidakmotivasian siswa. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, diperlukan penggunaan media pembelajaran yang menarik seperti buku cerita bergambar, yang dapat merangsang minat baca dan rasa ingin tahu siswa. Instrumen pengumpulan data meliputi lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi siswa, dan tes. Hasil analisis menunjukkan perbaikan proses pembelajaran dari sebelum tindakan hingga siklus I dan siklus II, dengan persentase ketuntasan membaca meningkat drastis dari 28% menjadi 91%.

 Kata kunci : Keterampilan Membaca, Cerita Bergambar

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-12-01