Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Muatan IPA Menggunakan Model Contextual Teaching and Learning di Madrasah Ibtidaiyah
DOI:
https://doi.org/10.22437/jptd.v8i2.23763Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada tema "Selalu Berhemat Energi" dengan subtema "Sumber Energi" di kelas IV MI Salamah Kota Jambi. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model Contextual Teaching and Learning (CTL) pada tema "Selalu Berhemat Energi" dengan subtema "Sumber Energi" di kelas IV MI Salamah Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Salamah Kota Jambi yang berjumlah 24 orang, terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah menerapkan model Contextual Teaching and Learning (CTL), hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Sebelum dilakukan tindakan, hasil belajar siswa kelas IV MI Salamah Kota Jambi masih rendah. Setelah dilakukan tindakan pada siklus pertama, hasil belajar siswa meningkat menjadi 72,8. Sedangkan setelah dilakukan tindakan pada siklus kedua, hasil belajar siswa kelas IV MI Salamah Kota Jambi mencapai 97,9.
Kata Kunci : CTL, Hasil Belajar Siswa, IPA