Upaya Meningkatkan Hasil Belajar PKN Melalui Model Jigsaw pada Peserta Didik Kelas VI SD Negeri 64/IV Kota Jambi

Authors

  • Arpanidar Arpanidar Sekolah Dasar Negeri 64/IV Kota Jambi, Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/jptd.v7i1.20217

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar PKN dengan diterapkannya model pembelajaran Jigsaw. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan revisi. Sasaran penelitian ini adalah peserta didik kelas VI SD Negeri 64/IV Kota Jambi tahun pelajaran 2021/2022 yang berjumlah 40 peserta didik. Dari hasil analisis didapatkan bahwa hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan dari pra siklus (50,00%), siklus I (65,00%), siklus II (85,00%). Simpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran Jigsaw dapat berpengaruh positif terhadap hasil belajar peserta didik, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran PKN.

 Kata Kunci : PKN, Jigsaw

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-06-01