Penerapan Metode PQ4R Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas VI SD

Authors

  • Wardah Dihan Magister Pendidikan Dasar, Universitas Jambi
  • Marzul Hidayat Magister Pendidikan Dasar, Universitas Jambi
  • Ugi Nugraha Magister Pendidikan Dasar, Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/jptd.v7i1.19544

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman dengan menerapkan Metode PQ4R dalam pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa. Jenis Penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (classroom action research). PTK ini menggunakan dua siklus dengan setiap siklus dua kali pertemuan. Hal ini dapat dilihat dari instrumen hasil penilaian keterampilan membaca pemahaman siswa dari setiap siklus sudah memberikan peningkatan yang signifikan misalnya siklus I pertemuan ke-1 sebanyak 65,2%, siklus I pertemuan ke-2 sebanyak 49,4%, siklus II pertemuan ke-1 sebanyak 83,2%, dan siklus II pertemuan ke-2 sebanyak 77%. Dari hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan metode PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman pada pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas VI.A shift 1 SD Negeri 66 Kota Jambi. 

Kata Kunci: Metode PQ4R, Keterampilan Membaca Pemahaman

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-06-01