PENERAPAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Nurleni Nurleni Universitas Jambi
  • Sukendro Sukendro Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/jptd.v7i2.17688

Abstract

Pembelajaran yang memiliki kualitas yang baik akan memiliki interaksi dari  berbagai arah atau multi interaksi yaitu guru ke siswa, siswa ke guru, siswa dan  sumber belajar, media pembelajaran, alat pembelajaran, kemudian siswa dan  lingkungan. Masalah Pandemi Covid-19 yang muncul menuntut instansi pendidikan  dan tenaga kependidikan menjadi garda terdepan untuk menentukan proses  pembelajaran yang tepat bagi peserta didik. Pembelajaran jarak jauh menjadi solusi  untuk mendukung program Pemerintah yaitu physical distancing (jaga jarak) untuk  menekan penyebaran virus. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan  penerapan pembelajaran jarak jauh di SDN 131/IV Kota Jambi dan mendeskripsikan  cara mengatasi permasalahan pembelajaran jarak jauh di SDN 131/IV Kota Jambi.  Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan Jenis Desain Penelitian ini  adalah fenomenologi. Hasil penelitian penerapan pembelajaran jarak jauh di SD  Negeri 131/IV Kota Jambi dilakukan dengan tiga tahapan yaitu perencanaan,  penerapan, dan evaluasi. Adapun kendala yang dihadapi oleh SD Negeri adalah latar  belakang sosial siswa yang homogen sehingga pembelajaran jarak jauh harus dengan  dua metode yaitu secara offline dan secara offline. 

Kata kunci : Pembelajaran Jarak Jauh, Covid-19, Sekolah Dasar 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-12-01