PENERAPAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.22437/jptd.v7i2.17688Abstract
Pembelajaran yang memiliki kualitas yang baik akan memiliki interaksi dari berbagai arah atau multi interaksi yaitu guru ke siswa, siswa ke guru, siswa dan sumber belajar, media pembelajaran, alat pembelajaran, kemudian siswa dan lingkungan. Masalah Pandemi Covid-19 yang muncul menuntut instansi pendidikan dan tenaga kependidikan menjadi garda terdepan untuk menentukan proses pembelajaran yang tepat bagi peserta didik. Pembelajaran jarak jauh menjadi solusi untuk mendukung program Pemerintah yaitu physical distancing (jaga jarak) untuk menekan penyebaran virus. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan pembelajaran jarak jauh di SDN 131/IV Kota Jambi dan mendeskripsikan cara mengatasi permasalahan pembelajaran jarak jauh di SDN 131/IV Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan Jenis Desain Penelitian ini adalah fenomenologi. Hasil penelitian penerapan pembelajaran jarak jauh di SD Negeri 131/IV Kota Jambi dilakukan dengan tiga tahapan yaitu perencanaan, penerapan, dan evaluasi. Adapun kendala yang dihadapi oleh SD Negeri adalah latar belakang sosial siswa yang homogen sehingga pembelajaran jarak jauh harus dengan dua metode yaitu secara offline dan secara offline.Â
Kata kunci : Pembelajaran Jarak Jauh, Covid-19, Sekolah DasarÂ