PROBLEMATIKA GURU TERHADAP PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU BERBASIS DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 206/IV KOTA JAMBI
Teacher Problems with Online Based Integrated Thematic Learning During the Covid-19 Pandemic In State Elementary School
DOI:
https://doi.org/10.22437/jptd.v6i1.13738Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan bagaimana proses pelaksanaan pembelajaran tematik terpadu, mengetahui problematika yang dihadapi guru dalam pelaksanaan pembelajaran tematik terpadu dan mengetahui upaya yang ditempuh dalam mengatasi problematika guru dalam pelaksanaan pembelajaran tematik terpadu di kelas III pada masa pandemi Covid 19 di SD Negeri 206/IV Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Data penelitian ini diperoleh dari hasil observasi, wawancara dan dokumen. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan waktu. Teknik analisis data menggunakan model interaktif berupa pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil temuan penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran tematik terpadu di kelas III pada masa pandemi covid-19 berlangsung kurang maksimal. Hal tersebut disebabkan oleh belum tersedianya sarana dan prasarana yang memadai, Guru kesulitan dalam membuat rencana pembelajaran, guru kesulitan dalam penilaian, jaringan internet (kurang stabilnya jaringan dan terbatasnya kuota, keterbatasan kemampuan guru menggunakan teknologi.
Kata kunci : Problematika guru, Pembelajaran Tematik Terpadu, Pandemi Covid-19