PROBLEMATIKA DAN SOLUSI ALTERNATIF PEMBELAJARAN DARING UNTUK MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR NEGERI 13/IV KOTA JAMBI

Problematika and Alternative Solutions for Online Learning Of Mathematics Subjects in Grade V At SDN 13/IV Jambi City

Authors

  • Vina Pebriansari
  • Hary Soedarto Harjono Universitas Jambi
  • Muhammad Ali Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/jptd.v6i1.13679

Abstract

Penelitian ini membahas tentang problematika dan solusi alternatif pembelajaran daring mata pelajaran Matematika. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran daring  pada masa pandemi Covid-19 dan mendeskripsikan problematika guru dalam pembelajaran matematika secara daring pada masa pandemic Covid-19 serta mendeskripsikan solusi pemecahan problematika pembelajaran matematika daring pada masa pandemic Covid-19. Penelitian ini menggunakan penelitian mix method. Data penelitian ini diperoleh dari hasil angket, wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan uji validitas dan reliabilitas serta menggunakan triangulasi sumber dan metode. Teknik analisis data menggunakan skala Likert dan model interaktif terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling. Hasil temuan penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika secara daring di kelas V pada masa pandemi Covid-19 berlangsung dengan baik namun kurang maksimal. Hal tersebut disebabkan oleh temuan problematika pembelajaran dari segi sarana prasarana, kemampuan guru dalam menggunakan teknologi daring dan kesiapan siswa. Selanjutnya, upaya yang ditempuh oleh guru dalam mengatasi problematika pembelajaran daring ini yaitu, guru maksimal dalam memberikan pelayanan pendidikan, namun ada beberapa problematika yang tidak bisa dihadapi sendiri, membutuhkan upaya bersama dalam menanganinya.

 Kata kunci  : Problematika daring, matematika, pandemi Covid-19

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-09-22