PERSEPSI ORANG TUA SISWA TERHADAP PENGGUNAAN VIDEO PEMBELAJARAN MELALUI WHATSSAPP
Parents Perception of The Use of Learning Videos Through Whatssapp
DOI:
https://doi.org/10.22437/jptd.v6i1.13397Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan persepsi orang tua siswa terhadap penggunaan  video pembelajaran melalui Whatsapp,  dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus (Case Studies). Penelitian ini dilaksanakan pada kelas IA SDN 02 Kota Jambi yang jumlah siswanya 23 orang, terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan  wawancara dan dokumen. Kemudian analisis data dilakukan dengan deskriptif kualitatif. Adapun data yang diperoleh bersumber dari Orang Tua Siswa Kelas 1A SDN 02 Kota Jambi. Hasil penelitian persepsi orang tua siswa terhadap penggunaan video pembelajaran melalui whatsapp  antara lain:  persepsi orang tua sebagian besar menyatakan pembelajaran dengan menggunakan video tidak efektif dan tidak efisien karena membuat orang tua kerepotan dan menyita waktu serta tidak meningkatkan minat untuk diterapkan pada saat pembelajaran dari rumah. Persepsi Positifnya terhadap pembelajaran dengan menggunakan video dikirim melalui whatsapp ini orangtua dapat lebih mengenal sikap dan karakter anaknya dalam melaksanakan pembelajaran
 Kata Kunci : Persepsi, Video, dan Whatsapp.