PENGGUNAAN METODE SAS (STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK) DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PERMULAAN
The Use Of The Sas (Synthetic Analytical Structural) Method In Beginning Reading Learning
DOI:
https://doi.org/10.22437/jptd.v4i2.13378Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses pelaksanaan pembelajaran membaca permulaan melalui penggunaan metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) dan meningkatkan hasil proses peningkatan keterampilan membaca permulaan melalui penggunaan metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) siswa kelas I SDN No.38/II Pauh Agung. Peningkatan proses dan hasil pembelajaran membaca permulaan melalui penggunaan metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) dilakukan melalui penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif. Penelitian tindakan kelas yang dilakukan berkolaborasi dengan guru kelas. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) pada materi kelingkungan sehat, bersih dan asri mampu meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa. Hal ini dapat diketahui dari hasil observasi pada pra siklus diketahui bahwa tingkat hasil belajar membaca pada tema lingkungan bersih, sehat, dan asri masih dibawah rata-rata atau rendah yaitu 65,7% masih belum mencapai KKM yang ditentukan oleh Sekolah. Nilai rata- rata tersebut harus mencapai 70 atau lebih dari 70, pada Siklus II diperoleh nilai rata-rata kelas pada siklus II sebesar 66,0 lebih besar dari siklus I yang hanya 65,3dan juga persentase ketuntasan belajar siswa sebesar 65,7% lebih besar dari siklus I yang hanya 65,3 hal ini dapat diketahui dari hasil nilai tiap siswa mengalami ketuntasan sesuai dengan KKM yang telah ditentukan yaitu 70.
Kata Kunci: Metode SAS, membaca permulaan