PERANAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KECERDASAN EMOSIONAL PADA SISWA SUKU ANAK DALAM (SAD)
The Role Of Character Education In Emotional Intelligence in Suku Anak Dalam (SAD) Students
DOI:
https://doi.org/10.22437/jptd.v5i2.13052Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Peranan Pendidikan Karakter Dalam Kecerdasan Emosional pada Siswa Suku Anak Dalam (SAD) dan untuk mendeskripsikan kendala yang di hadapi dalam menerapkan pendidikan karakter dalam kecerdasan emosional pada suku anak dalam (SAD). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa Suku Anak Dalam di SDN 78/IX Muaro Jambi dengan jumlah siswa 3 orang. Teknik pengumpulan data adalah teknik observasi terhadap siswa, teknik wawancara terhadap kepala sekolah,guru kelas II B, Guru PAI, dan Orangtua siswa, serta teknik dokumen. Uji keabsahan data pada penelitian ini menggunakan teknik triangulasi. Hasil dari penelitian ini adalah penerapan pendidikan karakter terhadap siswa suku anak dalam (SAD) sudah berjalan dengan baik. Pendidikan Karakter juga mempunyai peranan dalam keberhasilan Kecerdasan Emosional siswa, yaitu sebagai penuntun dalam bersikap dan berperilaku yang baik sehingga siswa tersebut dapat mengendalikan emosi dan perasaan secara tepat. Akan tetapi peranan pendidikan karakter belum sepenuhnya berhasil dengan baik dalam kecerdasan emosional siswanya, hal ini ditunjukkan masih adanya siswa yang memiliki kualitas emosional rendah. Kendala-kendala yang di hadapi dalam penerapan Pendidikan karakter dapat berasal di faktor guru, faktor keluarga, faktor lingkungan, faktor masyarakat, dan faktor lingkungan itu sendiri.
Kata kunci: Pendidikan karakter, Kecerdasan emosional, Suku anak dalam