IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS V SDN 225/IV KOTA JAMBI

Implementation Of Online Learning In Thematic Learning In Grade V SDN 225/IV Jambi City

Authors

  • Dwi Niarti

DOI:

https://doi.org/10.22437/jptd.v6i1.13044

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat pelaksanaan pembelajaran daring serta hambatan yang terdapat dalam penerapan pembelajaran daring oleh guru, peserta didik serta orang tua sebagai pendamping belajar anak di rumah, sebagai upaya menekan penyebaran covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif adapun subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDN 225/IV Kota Jambi. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumen analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tidak semua peserta didik memiliki fasilitas-fasilitas dasar yang dibutuhkan dalam pembelajaran daring seperti Handphone/Android, (2) pembelajaran daring dikatakan cukup efektif karena dapat membelajarkan peserta didik dimanapun dan kapanpun tanpa batas waktu yang ditentukan dan dapat mendorong munculnya kemandirian belajar pada peserta didik, (3) pembelajaran daring mendorong munculnya perilaku social distancing dan meminimalisir munculnya kerumunan, sehingga dapat mengurangi potensi penyebaran covid-19. Proses pembelajaran selama virus corona mewabah tetap dimaksimalkan oleh semua guru, akan tetapi proses pembelajaran tetap mengalami kesulitan misalnya pembelajaran daring yang dilaksanakan tidak seefektif seperti proses pembelajaran tatap muka seperti halnya pembelajaran sebelumnya.

Kata Kunci: Pembelajaran Daring

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-09-22