KEMAMPUAN GURU KELAS DALAM MENGELOLA PEMBELAJARAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SDN 40/II TEBING TINGGI MENGGUNAKAN PENDEKATAN FENOMENOLOGI

The Ability of Class Teachers in Managing Learning in The Covid-19 Pandemic At SDN 40 / II Tebing Tinggi Using A Phenomenology Approach

Authors

  • Santria Ulfa Universitas Jambi
  • Muhammad Ali Universitas Jambi
  • Urip Sulistiyo Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/jptd.v6i2.12914

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana kemampuan guru, kendala dan solusi dalam mengelola pembelajaran pada masa pandemi covid-19. Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif jenis fenomenologi. Subjek dan objek dalam penelitian ini adalah 4 orang guru yang terdiri dari 2 guru kelas rendah dan 2 guru kelas tinggi di SDN 40/II Tebing Tinggi, Kec. Muko-muko Bathin VII, Kabupaten Bungo dengan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Jenis data yang dikumpulkan adalah berdasarkan data sekunder berupa hasil-hasil penelitian dari berbagai artikel, sumber pustaka dan dokumen serta kalimat penjabaran dari jawaban subjek penelitian yang dilakukan dengan wawancara dan melihat dari hasil observasi. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa Guru dapat dikatakan mampu dalam mengelola pembelajaran dilihat dari guru selalu mempersiapkan segala administrasi pembelajaran baik pada masa sebelum pandemi maupun saat pandemi covid-19 ini. Untuk perencanaan pembelajaran guru mengawali dengan menganalisis silabus kemudian menyusun RPP, pemetakan KI dan KD, membuat indikator dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai oleh peserta didik pada saat pembelajaran, kemudian menelaah materi pembelajaran serta mengevaluasi siswa. Kendala yang dialami oleh para guru dalam mengelola pembelajaran pada masa pandemi covid-19 ini adalah kendala utama berupa masalah pengaturan dan penyesuaian waktu pembelajaran yang 1 jam pembelajaran pada saat pandemi covid-19 hanya selama 20-25 menit. Solusi dari guru terhadap masalah tersebut untuk sekarang adalah berupa pemberian tugas tambahan di rumah kepada siswa untuk dikerjakan agar tujuan pembelajaran dapat tercapai dan terlaksana dengan baik dengan bimbingan melalui orang tua dan pantauan dari guru baik secara luring maupun daring.

Kata Kunci: Mengelola Pembelajaran, Covid-19

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-12-01