PENGARUH PEMBELAJARAN DARING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD KRISTEN BINA KASIH JAMBI

The Effect of Online Learning on The Learning Outcomes of Grade IV Christian Elementary School Students Bina Kasih Jambi

Authors

  • Rudi Susanto Magister Pendidikan Dasar Universitas Jambi
  • Hadiyanto Hadiyanto Universitas Jambi
  • Muhammad Ali Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/jptd.v6i2.12847

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah terdapat pengaruh pembelajaran daring terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Kristen Bina Kasih Jambi. Penelitian ini dilaksanakan di SD Kristen Bina Kasih Kota Jambi pada kelas IVA dengan jumlah siswa 27 orang. Dalam pengambilan data peneliti menggunakan teknik tes dengan menggunakan pretest dan posttest, serta dengan menginterpretasi hasil kuesioner pembelajaran matematika secara daring. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran daring terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Kristen Bina Kasih Jambi dari hasil uji paired sample t-test soal pilihan ganda, essay, dan nilai total terlihat bahwa nilai signifikansi (2-tailed) 0,000 < 0,05 menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara nilai pretest dengan posttest pilihan ganda, essay, dan nilai total. Selain itu, terdapat juga hasil interpretasi dari kuesioner pembelajaran matematika secara daring yaitu sangat efektif. Dari nilai total hasil kuesioner yaitu 4,29 terletak pada range nilai sangat efektif. Sehingga dengan menggunakan pembelajaran daring dapat dijadikan salah satu alternatif bagi guru di sekolah dalam proses pembelajaran siswa.

Kata Kunci: Pembelajaran daring, Hasil belajar, Matematika.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-12-01