Jurnal Pembangunan Berkelanjutan

Analisis sistem pengelolaan limbah medis padat Puskesmas di Kabupaten Tanjung Jabung Barat ( Studi kasus di Puskesmas Rawat Inap Purwodadi Kec. Tebing Tinggi, Kab. Tanjung Jabung Barat )

Authors

  • Edisar Yanto Universitas Jambi
  • Hutwan Syarifuddin
  • Muhaimin

DOI:

https://doi.org/10.22437/jpb.v3i2.8880

Abstract

ABSTRAK

Operasional Puskesmas akan menimbulkan limbah, yang berpotensi menimbulkan dampak terhadap masyarakat dan lingkungan hidup. Tujuan penelitian untuk menyusun strategi pengelolaan limbah medis padat di Puskesmas Rawat Inap Purwodadi. Metode penelitian kualitatif  dengan pendekatan deskriptif, pelaksanaan penelitian bulan Oktober-November 2019. Populasi  dalam penelitian ini semua pegawai yang bekerja di Puskesmas Rawat Inap Purwodadi. Teknik pengambilan  informan menggunakan tekhnik Purposive sampling. Hasil penelitian, evaluasi faktor internal  diperoleh selisih kekuatan dan kelemahan adalah -45, sedangkan selisih faktor eksternal  peluang dan ancaman adalah +44, posisi penilaian faktor internal dan ekternal berada pada kuadran III (Negatif, positif). Dengan posisi ini  strategi yang mendukung  adalah turn around, artinya strategi pengelolaan limbah Puskesmas dapat disusun dengan memanfaatkan lokasi Puskesmas yang  luas, tersedianya dana dan peraturan untuk memenimalkan kelemahan yang ada . Kesimpulan strategi yang mendukung pengelolaan limbah medis padat di Puskesmas dapat dilakukan dengan  menjadikan PP No. 101 Tahun 2014 dan Permen LHK No. P.56 Tahun 2015 sebagai dasar pengelolaan limbah medis padat di Puskesmas, Peningkatan kapasitas SDM , peningkatan dukungan alokasi anggaran, Peningkatan Pengawasan kepatuhan petugas  dalam menggunakan APD, dan usulan Pengadaan fasilitas pengelolaan limbah serta pemantapan kerja sama dengan pihak ketiga.

Kata kunci : sistem pengelolaan limbah, limbah medis padat puskesmas dan analisis SWOT

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

— Updated on 2020-12-31

How to Cite

Yanto, E., Syarifuddin, H., & Muhaimin. (2020). Jurnal Pembangunan Berkelanjutan: Analisis sistem pengelolaan limbah medis padat Puskesmas di Kabupaten Tanjung Jabung Barat ( Studi kasus di Puskesmas Rawat Inap Purwodadi Kec. Tebing Tinggi, Kab. Tanjung Jabung Barat ). Jurnal Pembangunan Berkelanjutan, 3(2), 32 - 39. https://doi.org/10.22437/jpb.v3i2.8880