Keterkaitan Partisipasi Masyarakat Terhadap Kualitas Lingkungan Permukiman Kumuh Di Kelurahan Rajawali Dan Kelurahan Budiman Kecamatan Jambi Timur Kota Jambi

  • Anton Simbang Universitas Jambi
  • Rosyani Rosyani
  • suandi suandi

Abstract

Kelurahan Rajawali dan Kelurahan Budiman secara geografis terletak di pusat Kota Jambi, serta tidak berjauhan dengan kawasan ekonomi terbesar di Provinsi Jambi yaitu Pasar Angso Duo. SK Walikota No.166/2016 menetapkan lokasi kumuh, Kelurahan Rajawali seluas 8,25 ha & Kelurahan Budiman seluas 5,8 ha. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat partisipasi masyarakat, aspek dominan yang mempengaruhi permukiman kumuh dan hubungan antara partisipasi masyarakat dengan kualitas lingkungan permukiman kumuh. Pengukuran kualitas lingkungan permukiman kumuh dengan parameter yang dikeluarkan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat No.2 Tahun 2016 dengan mendata semua kepala rumah tangga dan infrastruktur lingkungan permukiman yang terdelineasi di kawasan kumuh. Pengukuran partisipasi masyarakat disebarkan kuesioner di lokasi permukiman kumuh untuk mengetahui fenomena sosial masyarakat menggunakan skala likert dengan standar pengelolaan kualitas lingkungan permukiman yang dilakukan oleh masyarakat. Kemudian menguji data jawaban responden dengan alat uji validitas dan uji realibiltas. Analisis hubungan antara partisipasi masyarakat antara kualitas lingkungan permukiman dengan SPSS 24 yaitu korelasi spearman.

Hasil pengukuran partisipasi masyarakat 58,63% bahwa dalam tingkatan cukup atau sedang. Aspek kekumuhan yang dominan menyebabkan permukiman kumuh adalah aspek sanitasi lingkungan permukiman (kualitas pengolahan air limbah, drainase lingkungan dan pengelolaan persampahan) dan aspek pengamanan bahaya kebakaran. Analisis korelasi spearman menunjukkan bahwa partisipasi masyarakat mempengaruhi kualitas lingkungan permukiman.

Kesimpulan penelitian ini bahwa ada hubungan antara partisipasi masyarakat dengan kualitas lingkungan permukiman kumuh pada Kelurahan Rajawali dan Kelurahan Budiman. Pemberdayaan harus ditingkatkan untuk mendorong partisipasi masyarakat dalam menjaga kualitas lingkungan permukiman dan mencegah permukiman kumuh baru.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-03-12