Pelatilahan Teknik Pembelajaran Drama Terhadap Guru-Guru SMA Kuala Tungkal Kota

Authors

  • Kamarudin Kamarudin Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi, Indonesia
  • Yusra Dewi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi, Indonesia
  • Eddy Pahar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.22437/jkam.v4i1.9815

Abstract

Guru seharusnya memiliki  kemampuan mengajar drama, karena guru penerus ilmu pengetahuan kepada murid-murid.Fungsi guru sebagai pewaris ilmu nampaknya akan lebih bermanfaat apabila keterampilan bermain drama ditulas kepada siswanya. Permasalahan klasik yang dihadapi guru yaitu kurang mampunya guru membing siswa bermain drama. Keadaan ini disebabkan guru-guru selama ini kurang mendapat pelatihan dalam mengajar drama. Tanpa ada pendalaman pengetahuan dan  pelatihan  tersebut sangat kecil kemungkinan guru dapat memenuhi target yang ditentukan kurikulum. Guna memenuhi kebutuhan meningkatkan kemampuan guru-guru  SMAN Kuala Tungkal, maka target luaran  aspek manajemen yang akan dihasilkan dalam program  yaitu memberikan pelatihan kepada guru-guru SMA yang meliputi pelatihan: 1) teknik menetapkan tujuan pembelajaran drama, 2) teknik mengembangkan materi pembelajaran drama, 3) teknik menentukan metode pembelajaran drama, 4) teknik  menentukan media pembelajaran drama, 5) teknik meevaluasi pembelajaran drama. Selain itu, luaran yang dihasilkan guru-guru adalah publikasi  artikel ilmiah pada jurnal ilmiah terakreditasi.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-06-30

How to Cite

Kamarudin, K., Dewi, Y., & Pahar, E. (2020). Pelatilahan Teknik Pembelajaran Drama Terhadap Guru-Guru SMA Kuala Tungkal Kota. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 4(1), 44-47. https://doi.org/10.22437/jkam.v4i1.9815