Pelatihan Penggunaan Google Classroom Dan Kahoot Untuk Meningkatkan Profesionalitas Guru Pendidikan Kewarganegaraan Di Era Digital

  • Muhammad Japar Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
  • Dini Nur Fadhillah Pascasarjana, Universitas Sebelas Maret, Indonesia
  • Syifa Syarifa Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia

Abstract

Untuk menciptakan pembelajaran pendidikan kewarganegaraan yang interaktif, diperlukan media pembelajaran yang menarik bagi peserta didik. Akan tetapi, guru pendidikan kewarganegaraan seringkali kesulitan dalam mengoperasikannya. Solusi yang dapat digunakan adalah dengan mengadakan pelatihan yang melibatkan guru-guru pendidikan kewarganegaraan SMP di Jakarta Pusat. Adapun metode yang ditempuh dilakukan dengan melalui beberapa tahapan, yaitu : 1) menemui pengurus MGMP PPKn SMP se-Jakarta Pusat untuk mendiskusikan permasalahan mereka dalam menggunakan media pembelajaran 2) merumuskan strategi yang tepat untuk mengatasi permasalahan tersebut 3) melaksanakan kegiatan pelatihan yang melibatkan guru-guru PPKn SMP se-Jakarta Pusat yang tergabung dalam MGMP, 4) menyebarkan angket untuk diisi oleh peserta, dan mengumpulkannya, 5) melakukan evaluasi terhadap pelatihan yang telah dilaksanakan. Pelatihan ini diharapkan dapat memberikan pemahaman dan meningkatkan keterampilan guru dalam menggunakan Google Classroom dan Kahoot sebagai e-learning yang dapat meningkatkan kualitas pendidikan. Hasil pelatihan ini dapat dilihat dari pembicara dan peserta yang sama-sama memainkan peran aktif selama kegiatan berlangsung dan ada tanggapan positif dari para peserta.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-06-30
How to Cite
Japar, M., Fadhillah, D. N., & Syarifa, S. (2020). Pelatihan Penggunaan Google Classroom Dan Kahoot Untuk Meningkatkan Profesionalitas Guru Pendidikan Kewarganegaraan Di Era Digital. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 4(1), 18-27. Retrieved from https://online-journal.unja.ac.id/JKAM/article/view/9811