Pemberdayaan Peserta Didik Sumer Payung Melalui Literasi Sains Terhadap Peningkatan Minat Baca Dan Berpikir Kritis

Authors

  • Tursina Ratu Universitas Samawa, Sumbawa Besar, , Indonesia
  • Nurhaerunnisah Nurhaerunnisah Universitas Samawa, Sumbawa Besar, , Indonesia
  • Musahrain Musahrain Universitas Samawa, Sumbawa Besar, , Indonesia
  • Hermansyah Hermansyah Universitas Samawa, Sumbawa Besar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.22437/jkam.v4i1.9809

Abstract

Program pemerintah dalam hal mendorong masyarakat untuk mampu bersaing secara global adalah salah satunya dengan mengadakan Gerakan Literasi Sains. Pelatihan literasi sains yang dilakukan oleh dosen-dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Samawa bersama dengan organisasi SHARE merupakan satu dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka mendukung program pemerintah untuk dapat mempersiapkan dan mencetak generasi yang memiliki kualitas dan mampu bersaing secara global. Tujuan dari kegiatan pelatihan adalah meningkatkan minat baca dan kemampuan berpikir kritis peserta didik di SDN Sumer Payung. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian berupa observasi, wawancara, sosialisasi dan pemberian materi literasi sains melalui presentasi, kegiatan membaca dan game edukasi, serta evaluasi. Kegiatan pengabdian diharapkan dapat meningkatkan minat baca siswa dan kemampuan berpikir kritisnya, mengingat peserta didik yang mengenyam pendidikan di SDN Sumer Payung ini berasal dari kategori yang tidak mampu dan banyak yang putus sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-06-30

How to Cite

Ratu, T., Nurhaerunnisah, N., Musahrain, M., & Hermansyah, H. (2020). Pemberdayaan Peserta Didik Sumer Payung Melalui Literasi Sains Terhadap Peningkatan Minat Baca Dan Berpikir Kritis. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 4(1), 8-13. https://doi.org/10.22437/jkam.v4i1.9809