This is an outdated version published on 2019-12-31. Read the most recent version.

Pelatihan Pembuatan Herbarium Sebagai Media Pembelajaran Biologi di SMAN 11 Muaro Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/jkam.v3i2.8479

Abstract

Salah satu mata pelajaran yang diajarkan di Sekolah Menengah Tingkat Atas adalah Biologi.  Biologi mempunyai karakteristik berupaya untuk mengenal mahluk hidup dan proses kehidupannya di lingkungan, sehingga memerlukan pendekatan dan metode yang memberi ciri dan dasar kerja dalam pengembangan konsep.  Untuk itu diperlukan pendekatan dan metode yang memberi ciri dan dasar kerja dalam pengembangan konsep.  Salah satu upaya untuk pengembangan konsep adalah penggunaan media pembelajaran.  Salah satu media yang dapat digunakan dalam pembelajaran biologi terutama untuk materi klasifikasi makhluk hidup adalah herbarium.  Herbarium merupakan media pembelajaran yang praktis dan ekonomis, karena dapat digunakan, baik di kelas maupun di laboratorium.  Hal ini akan mengatasi alokasi waktu pembelajaran yang terbatas dan keselamatan siswa bisa diantisipasi dibandingkan apabila pelaksanaannya siswa langsung diterjunkan ke lapangan.

Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah memanfaatkan tumbuhan yang ada disekitar sekolah menjadi media pembelajaran berupa Herbarium.  Metode yang digunakan dalam kegiatan  pengabdian ini adalah ceramah, diskusi dan praktek.  Pelaksanaan kegiatan pengabdian yang dilakukan meliputi: pengurusan izin administrasi , mempersiapkan  bahan dan alat, serta pembuatan herbarium. Pelaksanaan pengabdian dilaksanakan pada tanggal 14 Agustus 2018.  Pelatihan diikuti 32 orang.  Pelatihan diawali dengan pemberian materi tentang media pembelajaran khususnya herbarium mengunakan ppt dan video.  Selanjutnya para peserta membuat herbarium.  Pembuatan herbarium diawali dengan koleksi sampel tumbuhan yang ada di sekitar sekolahan, selanjutnya dilakukan pengepresan dan pengeringan menggunakan sinar matahari, setelah specimen kering selanjutnya di lakukan penempelan dan pemberian label.  Secara umum pelatihan berjalan lancar dan peserta menjadi paham tentang pembuataan herbarium dan dapat menggunakan nya sebagai media pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

1. Afif, M., Wisanti & Isnawati. 2014. Pengembangan Herbarium Paku Pakuan sebagai Media Realita dalam Materi Keanekaragaman Tumbuhan untuk Siswa Kelas X SMA. Jurnal Bioedu Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi 3(3).
2. Antou, D., A Arrijani & D.F Pendong. 2013. Penggunaan Media Herbarium Pada Pembelajaran Klasifikasi Tumbuhan dalamMeningkatkan Hasil Belajar Siswa di SMP Advent Ratahan. Jurnal SME MIPA UNIMA 1(10)
3. Kustandi, C. dan Bambang, S. 2011. Media Pembelajaran. Bogor: Ghalia.
4. Hasugian, H. & Napitupulu, M.A 2016. Perbedaaan Hasil Belajar Spermatophyta Siswa yang diajar Menggunakan Media Herbarium dan Tanpa Media Herbarium Di Kelas X SMA Negeri 2 Kisaran. Jurnal Pelita Pendidikan 4 (.3) 040 – 044
5. Majid, D. dan Sunarti, M. 2013 Pengembangan Media Pembelajaran Herbarium Pada Siswa Madrasah Aliyah Kota Ternate. Jurnal ßioêdukasi 2(1): 196.
6. Sadiman, A.S. 2000. Media Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo
7. Sulistyarsi, A. 2010. Penggunaan Media Herbarium dan Insectarium dalam Pembelajaran Biologi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan MIPA. Vol 2, Nomor 1.
8. Tjitrosoepomo, G. 2009. Taksonomi Umum. Yogyakarta: Gadjah MadaUniversity Press.

Downloads

Published

2019-12-31

Versions

How to Cite

Pelatihan Pembuatan Herbarium Sebagai Media Pembelajaran Biologi di SMAN 11 Muaro Jambi. (2019). Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 3(2), 170-175. https://doi.org/10.22437/jkam.v3i2.8479