Penanganan Pascapanen dan Pengolahan Komoditi Hidroponik Pada Kelompok Wanita Tani Kelurahan Penyengat Rendah Kota Jambi

  • Yernisa Yernisa Teknologi Industri Pertanian, Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Jambi
  • Emanauli Emanauli Teknologi Industri Pertanian, Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Jambi
  • Sahrial Sahrial Teknologi Industri Pertanian, Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Jambi
  • Lisani Lisani Teknologi Industri Pertanian, Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Jambi
Keywords: Es Krim, Hidroponik, Mie, Salad

Abstract

Kelurahan Penyengat Rendah memiliki beberapa kelompok wanita tani dengan mengusahakan pertanian hidroponik sesuai dengan arahan Bapak Walikota Jambi yang ingin mengembangkan Kelurahan Penyengat Rendah sebagai sentra hidroponik di Kota Jambi. Selama ini sayur-sayuran dijual langsung untuk memenuhi kebutuhan sayuran masyarakat daerah sekitar dan dijual kepada pengumpul yang memasok sayuran ke swalayan di Kota Jambi. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini ditujukan untuk memberikan pengetahuan dalam bentuk penyuluhan dan demonstrasi. Penyuluhan dan demonstrasi yang dilakukan adalah mengenai tata cara penanganan pascapanen sayur-sayuran yang baik untuk mengurangi kehilangan (losses) setelah  panen dan memberikan keterampilan mengenai pengolahan sayur-sayuran menjadi produk olahan yang memiliki nilai tambah seperti salad sayur, mie sayur dan es krim sayur. Kegiatan ini menambah pengetahuan anggota KWT dan keterampilan baru dalam penanganan dan pengolahan komoditi hidroponik berupa sayur-sayuran sehingga akan memberikan nilai tambah dan meningkatkan nilai ekonomi komoditi hidroponik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Badan Pusat Statistik Kota Jambi. 2017. Kecamatan Telanaipura dalam Angka 2017. Badan Pusat Statistik Kota Jambi. Jambi.

Fatima GAY. 2013. Kajian penggunaan ice gel sebagai media pendingin pada kemasan untuk distribusi sawi hijau (Brassica juncea L.) [Skripsi]. Bogor (ID): Institut Pertanian Bogor.

Utama IMS, Nocianitri KA, Pudja IARP. 2007. Pengaruh suhu air dan lama waktu perendaman beberapa jenis sayuran daun pada proses crisping. Agritrop. 26 (3): 117-123.
Published
2019-06-21
How to Cite
Yernisa, Y., Emanauli, E., Sahrial, S., & Lisani, L. (2019). Penanganan Pascapanen dan Pengolahan Komoditi Hidroponik Pada Kelompok Wanita Tani Kelurahan Penyengat Rendah Kota Jambi. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 3(1), 74-78. https://doi.org/10.22437/jkam.v3i1.7016