PPM Perhitungan Harga Pokok Produksi Untuk Efisiensi Biaya Produksi Pada Industri Tahu di Kecamatan Jaluko Kabupaten Muaro Jambi

  • Netty Herawaty Fakultas Ekonomi dan Binis, Universitas Jambi, Indonesia
  • Fitriani Mansur Fakultas Ekonomi dan Binis, Universitas Jambi, Indonesia
Keywords: Harga pokok produksi, efisiensi biaya, biaya produksi, biaya non-produksi

Abstract

Tujuan pengabdian ini agar dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman mitra tentang klasifikasi biaya dan perhitungan harga pokok produksi.Target pengabdian ini adalah meningkatkan pengetahuan dan kemampuan mitra dalam mengklasifikasi biaya dan menghitung harga pokok produksi. Luaran pengabdian ini adalah adanya metode pelatihan peningkatan pengetahuan dan pemahaman mitra tentang klasifikasi biaya dan cara  perhitungan harga pokok produksi dalam bentuk laporan akhir pengabdian.Simpulan kegiatan yang dilakukan adalah peserta sudah mengetahui apa itu biaya produksi dan biaya non produksi. Peserta sangat semangat dan mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang pengelompokan biaya produksi dan non produksi dan bagaimana cara menghitung harga pokok produksi  Tim pengabdian memberikan jawaban dan  tanggapan dengan penjelasan yang mudah dipahami peserta pengabdian. Pengabdian berjalan lancar dan terlihat adanya komunikasi yang baik antara peserta dan tim pengabdian.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Baridwan, Zaki, 2004, Intermediate Accounting, Edisi Kedelapan. Cetakan Pertama, BPFE ; Yogyakarta.

Direktorat Statistik Ekonomi dan Moneter Bank Indonesia. 2010. Metadata Kredit Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). http://www.bi.go.id/web/id/ Statistik/Metadata/SEKDA/. Akses tanggal 7 Februari 2013.

Gama Rais Rizani. 2011. Industri Rumah Tangga Pabrik Tahu. Diakses melalui http://www.scribd.com/doc/industrirumahtanggapabriktahu.

Ikatan Akuntan Indonesia (IAI). 2009. Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntablitas Publik. Dewan Standar Akuntansi Keuangan Ikatan Akuntan Indonesia. Jakarta.

Keputusan Menteri Keuangan.1994. KMK No. 316/KMK 016. Tentang Usaha Kecil Menengah.

Mulyadi. 2002 Akuntansi Manajemen. Yogyakarta : Penerbit STIE YKPN.

Presiden Republik Indonesia. 2008. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2008 Tentang Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah.

Suharjo.2003.Pendekatan-Pendekatan Dalam Membina UKM. Penerbit Bina Aksara.
Published
2019-06-21
How to Cite
Herawaty, N., & Mansur, F. (2019). PPM Perhitungan Harga Pokok Produksi Untuk Efisiensi Biaya Produksi Pada Industri Tahu di Kecamatan Jaluko Kabupaten Muaro Jambi. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 3(1), 15-21. https://doi.org/10.22437/jkam.v3i1.7003