Pelatihan Peningkatan Kemampuan Analisis Data Penelitian Menggunakan Software SPSS Bagi Pemuda RT. 14 Perumnas Aurduri Indah Kota Jambi

Authors

  • Feri Tiona Pasaribu Universitas Jambi
  • Cut Multahadah Universitas Jambi
  • Azzikra Febrianti Universitas Jambi
  • Rosi Widia Asiani Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/jkam.v2i1.5432

Abstract

Pendidikan dapat diperoleh dimana saja seperti melalui lembaga pendidikan formal maupun nonformal. Pendidikan yang diperoleh melalui lembaga formal didapatkan dari instansi pendidikan seperti sekolah ataupun kampus. Sedangkan Pendidikan nonformal dapat diperoleh dari seminar, workshop ataupun pelatihan. Berdasarkan survei yang dilakukan Tim Pengabdian Masyarakat di lingkungan Rt. 14 Perumnas Aurduri terdapat ikatan pemuda yang pada umumnya mahasiswa yang sedang mengenyam Pendidikan Tinggi (PT) yang berada pada tingkat akhir (Semester 7-8) di kota Jambi. Berdasarkan wawancara kepada Ketua Ikatan Pemuda Rt.14 Perumnas Aurduri Kota Jambi, statistik merupakan mata kuliah yang pada umumnya mereka dapatkan di bangku perkuliahan. Namun kendalanya, ketika berada di tingkat akhir mereka mengalami kesulitan dalam melaksanakan penelitian saat mengolah  dan menganalisis data statistika serta  menyajikan informasi yang mudah dipahami cepat dan tepat. Oleh karena itu diadakan pelatihan peningkatan kemampuan analisis data penelitian menggunakan Software SPSS. Hasil kegiatan menunjukkan peserta antusias mengikuti pelatihan sebesar 86,36% dan memahami cara analisis data penelitian menggunakan Software SPSS 81,81%  dan mampu menganalisis data penelitian  lebih  efektif dan efisien sebesar 77,27%.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-08-21 — Updated on 2018-08-21

Versions

How to Cite

Pasaribu, F. T., Multahadah, C., Febrianti, A., & Asiani, R. W. (2018). Pelatihan Peningkatan Kemampuan Analisis Data Penelitian Menggunakan Software SPSS Bagi Pemuda RT. 14 Perumnas Aurduri Indah Kota Jambi. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 2(1), 62-69. https://doi.org/10.22437/jkam.v2i1.5432