This is an outdated version published on 2018-08-21. Read the most recent version.

Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Multimedia Sebagai Upaya Meningkatkan Kompetensi Profesionalisme dan Kreativitas Guru-Guru SMA Muaro Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/jkam.v2i1.5426

Keywords:

Professionalism, Creativity, Teacher, Multimedia

Abstract

Saat ini media pembelajaran multimedia berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK) telah banyak dalam proses pembelajaran sebagai bentuk pengembangan media pembelajaran yang interaktif dan dapat menarik minat, perhatian dan motivasi belajar bagi para peserta didik. Namun yang menjadi salah kendala adalah kurang dikuasainya teknologi pengembangan multimedia pembelajaran berbasis TIK oleh para pengajar. Oleh karena itu diperlukan suatu kegiatan guna meningkatkan kualitas profesional dan kreativitas guru dalam mengembangkan multimedia.Metode  yang digunakan dalam kegiatan ini demonstrasi dan praktek pembuatan multimedia menggunakan software 3D Pageflip Professional serta penugasan bagi guru-guru untuk membuat sebuah media pembelajaran hasil kreativitas peserta dan di akhir kegiatan para peserta akan diberikan penilaian hasil evaluasi produk dan respon peserta terhadap kebermanfaatan kegiatan. Berdasarkan hasil pengamatan, bahwa para guru rata-rata memiliki kemampuan yang sangat baik dengan skor 89,63 dalam memahami urgensi pengembangan media pembelajaran, mampu membuat media pembelajaran, mengenal fungsi program, dapat memasukkan teks dan menyisipkan objek movie, sound dan gambar ke ruang template 3D Pageflip Professional. Selanjutnya berdasar hasil angket, rata-rata guru memberikan tanggapan yang sangat baik dengan skor sebesar 82,67 karena melalui kegiatan ini para peserta memperoleh manfaat berupa pengetahuan tentang operasionalisasi program dan uji kreativitas guru dalam membuat desain pengembangan media sebagai bahan ajar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

1. Chen, R. J. 2010. Investigating Models for Preservice Teachers’ Use of Technology to Support Student-Centered Learning. Computers & Education 55: 32-42.
2. Departemen Pendidikan Nasional. 2005. Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005, Tentang Guru dan Dosen.
3. Ivers., Karen, S., Barron., dan Anne, E. 2002. Multimedia Project in Education: Designing, Producing, and Assessing. United States of America. Libraries Unlimites Teacher Ideas Press.
4. Riskiawan, H.Y., Setyohadi, D.P.S., dan Arifianto, A.S. 2016. Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia untuk Meningkatkan Kualitas Dan Kreativitas Guru SMA. Jurnal Pengabdian Masyarakat J-Dinamika. Vol. 1. No. 1. Hal 48-52.
5. Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. PT Raja Gafindo Persada, Jakarta.

Downloads

Published

2018-08-21

Versions

How to Cite

Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Multimedia Sebagai Upaya Meningkatkan Kompetensi Profesionalisme dan Kreativitas Guru-Guru SMA Muaro Jambi. (2018). Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 2(1), 15-22. https://doi.org/10.22437/jkam.v2i1.5426