Pengaruh Perkembangan Psikologi Siswa SD Untuk Meningkatkan Keberhasilan Akademik

Authors

  • Zahra Prameswari Naila Putri Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Agama Islam dan Pendidikan Guru Universitas Djuanda https://orcid.org/0009-0000-5332-4605
  • Sobrul Laeli Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Agama Islam dan Pendidikan Guru Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.22437/jkam.v8i1.33913

Keywords:

Psikologi Perkembangan, Pembelajaran, Keberhasilan Akademik

Abstract

Psikologi adalah cabang ilmu pengetahuan yang mempelajari perilaku manusia baik secara individu maupun dalam hubungannya dengan lingkungannya. Kegiatan pembelajaran di kelas cenderung dipengaruhi secara signifikan oleh perkembangan psikologis anak.  Anak-anak memiliki karakteristik yang berbeda. Mereka juga memiliki efek psikologis yang berbeda-beda. Ketika berbicara tentang prinsip-prinsip psikologi pendidikan yang harus diterapkan pada pengajaran siswa, kemudian ada beberapa hal yang harus diingat oleh Guru dalam konteks formal dan informal memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja profesional dalam menerapkan rencana pembelajaran; ini terutama terkait dengan psikologi pendidikan. Guru yang mahir dalam perspektif psikologi pendidikan adalah guru yang dapat menggunakan prinsip psikologi dan semua informasi penting.  Akibatnya, pemahaman siswa tentang pentingnya psikologi pendidikan akan memengaruhi seberapa baik mereka melakukan tugas-tugas tertentu. Perkembangan psikologis siswa di sekolah dasar adalah yang pertama. Oleh karena itu, agar kegiatan pembelajaran berjalan dengan baik, para pendidik harus memahami setiap perbedaan tersebut

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

Prameswari Naila Putri, Z., & Laeli, S. . (2024). Pengaruh Perkembangan Psikologi Siswa SD Untuk Meningkatkan Keberhasilan Akademik. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 8(1), 8-12. https://doi.org/10.22437/jkam.v8i1.33913

Issue

Section

Articles