Meningkatkan Kerjasama Anak Dalam Kelompok Melalui Kegiatan Rumah Bimbingan dan Konseling (RUBIKONS)

Authors

  • Sabbila Nurcahyani Universitas Jambi
  • Badriani Saputri Program Studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi
  • Muhammad Alridho Lubis Program Studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/jkam.v7i1.24178

Keywords:

kerjasama, kelompok, RUBIKONS

Abstract

Pendidikan karakter mempunyai nilai yang sangat penting dalam membentuk sikap, karakter dan kepribadian anak. Nilai dalam pendidikan karakter salah satunya adalah kerjasama. Kemampuan kerjasama ini hendaknya ditanam sejak dini, agar anak dapat berkolaborasi dan bersosialisasi dalam lingkungan masyarakat. Program yang diciptakan oleh mahasiswa bimbingan dan konseling yang diberi nama Rumah Bimbingan dan Konseling ini menjadi wadah bagi anak-anak dalam menegembangkan sosial emosional dengan kegiatan yang dikombinasi dengan pendidikan nonformal dan psikoedukasi. Pengabdian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan Participatory Action Research (PAR). Adapun pihak yang menjadi kolega dalam program kegiatan ini adalah Kantor Kelurahan Ulu Gedong sebagai pelindung dan penanggungjawab. Adapun sasaran dari program kegiatan pengabdian ini adalah anak-anak usia 6-13 tahun dengan hasil yang didapat anak-anak dapat meningkatkan kemampuan kerjasama dalam sebuah kelompok.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amridha, & J.S, R. (2020). Meningkatkan Kerjasama Anak Usia 6-7 Tahun Melalui Permainan Tradisional Bakiak. Jurnal Sipatokkong BPSDM Sulsel, 1(1), 1–11.

isnaini, F. (2019). Meningkatkan Kemampuan Kerjasama Pada Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Penerapan Metode Proyek. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(3), 231–241.

Nurhidaya, A. R. (2019). Meningkatkan Kerjasama Anak Melalui Permainan Menyusun Puzzle di TK Avanti Kota Maksassar. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(1), 210–216.

Prabandari, I. R., Fidesrinur, ;, Studi, P., Guru, P., Anak, P., Dini, U., Psikologi, F., & Pendidikan, D. (2019). MENINGKATKAN KEMAMPUAN BEKERJASAMA ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI METODE BERMAIN KOOPERATIF. Dalam Jurnal AUDHI (Vol. 1, Nomor 2).

Rahman, Z. (2019). Peningkatan Kemampuan Anak Dalam Melakukan Keterampilan Sosial Dan Kerjasama Melalui Pemainan Angin Puyuh. Nusantara: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 1(2), 188–204.

Triyanti, E., & Saparahayuningsih, S. (2016). Meningkatkan Kemampuan Bekerjasama Melalui Bermain Simbolik. Jurnal Ilmiah Potensia, 1(1), 28–35.

Downloads

Published

2023-06-29

How to Cite

Nurcahyani, S., Saputri , B., & Alridho Lubis , M. (2023). Meningkatkan Kerjasama Anak Dalam Kelompok Melalui Kegiatan Rumah Bimbingan dan Konseling (RUBIKONS). Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 7(1), 32-42. https://doi.org/10.22437/jkam.v7i1.24178

Issue

Section

Articles