Pelatihan Strategi Pemasaran Produk Berbasis Digital Marketing Bagi Wirausaha Muda Perempuan untuk Meningkatkan Kinerja Bisnis Iwapi Muda Jambi

Authors

  • Ade Octavia Universitas Jambi
  • Ade Titi Nifita Universitas Jambi
  • Yayuk Sriayudha Universitas Jambi
  • Ade Perdana Siregar Universitas Jambi
  • Garry Yuesa Rosyid Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/jkam.v6i2.21534

Keywords:

digitalisasi marketing, strategi pemasaran, manajemen usaha

Abstract

Mitra dalam kegiatan PPM ini adalah wirausaha muda perempuan, bekerjasama dengan IWAPI muda Provinsi Jambi yang merupakan salah satu organisasi yang bertujuan sebagai wadah inovasi bagi wirausaha muda perempuan untuk mengembangkan diri sebagai wirausaha tangguh. Berdasarkan analisis situasi permasalahan utama yang dihadapi mitra saat ini pada aspek pemasaran dan aspek manajemen usaha. Aspek pemasaran meliputi rendahnya daya saing dan kinerja bisnis karena kurangnya inovasi, branding yang belum kuat, positioning yang belum kuat dan belum optimalnya pemanfaatan internet dalam pemasaran. Sementara aspek manajemen usaha meliputi manajemen usaha yang belum professional, belum dimilikinya ijin usaha/PIRT dan sertifikasi halal, pelaporan keuangan yang konvensional. Berdasarkan permasalahan tersebut melalui kegiatan ini akan diberikan beberapan solusi penyelesaian masalah. Metode pelaksanaan kegiatan menggunakan pendekatan partisipatif melalui kegiatan pelatihan, dengan target capaian yang terukur. Melalui kegiatan pelatihan ini mitra sangat antusias mengikuti kegiatan terlihat dari pertanyaan-pertanyaan yang diajukan. Pemahaman peserta terlihat dari pertanyaan yang diajukan narasumber. Selanjutnya peserta akan mengimplementasikan hasil pelatihan. Sebagai aspek monitoring, tim PPM melakukan kunjungan ke mitra untuk melihat implementasi dari pelatihan yang diberikan.  

Downloads

Download data is not yet available.

References

Octavia, A., Dahmiri, D., Wijaya, P., & Sriayudha, Y. (2020). The Moslema entrepreneurship and product innovation: Its impact on market orientation and performance of small and medium enterprises. Jurnal Perspektif Pembiayaan Dan Pembangunan Daerah, 8(4), 397–404. https://doi.org/10.22437/ppd.v8i4.10702

Octavia, A., Zulfanetti, & Erida. (2017). Influence models of entrepreneurial orientation, entrepreneurship training, and business performance of small medium enterprises. Advanced Science Letters, 23(8), 7232–7234. https://doi.org/10.1166/asl.2017.9338

Sriayudha, Y., Roza, S., Octavia, A., & Rosyid, G. Y. (2021). Proses Komunikasi Pemasaran Sebagai Variabel Intervening Pada Hubungan Kinerja Pemasaran UKM dan Orientasi Inovasi Wirausaha Perempuan. 5, 74–82.

Downloads

Published

2022-12-12

How to Cite

Octavia, A., Nifita, A. T., Sriayudha, Y., Siregar, A. P., & Rosyid, G. Y. (2022). Pelatihan Strategi Pemasaran Produk Berbasis Digital Marketing Bagi Wirausaha Muda Perempuan untuk Meningkatkan Kinerja Bisnis Iwapi Muda Jambi. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 6(2), 332-340. https://doi.org/10.22437/jkam.v6i2.21534