PENERAPAN APLIKASI POINT OF SALES PADA UMKM FORUM ECOPRINT PURBALINGGA

Authors

  • Novian Adi Prasetyo Institut Teknologi Telkom Purwokerto
  • Arief Rais Bahtiar Institut Teknologi Telkom Purwokerto
  • Atik Febriani Institut Teknologi Telkom Purwokerto
  • Wahyu Andi Saputra Institut Teknologi Telkom Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.22437/jkam.v7i1.21453

Keywords:

UMKM, Point of Sales, Aplikasi, Purbalingga, Ecoprint

Abstract

Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) adalah usaha yang dijalankan oleh perorangan, rumah tangga, atau badan usaha kecil. Klasifikasi UMKM biasanya dilakukan dengan batasan omzet per tahun, jumlah kekayaan atau aset, dan jumlah karyawan. Dalam hal pengelolaan keuangan, tidak sedikit keuangan usaha mikro yang terintegrasi dengan keuangan pribadi para perintis. Artinya, usaha mikro belum menerapkan sistem yang profesional. Seiring berjalannya waktu, hal ini menjadi bom waktu bagi UMKM, sehingga perhitungan stok barang dan transaksi barang tidak dapat terpantau dengan baik. Melihat permasalahan yang umumnya dialami oleh UMKM, kegiatan pengabdian masyarakat ini akan mengimplementasikan penelitian yang telah dilakukan penulis yaitu dengan menerapkan aplikasi Point of Sales pada UMKM. Implementasi awal telah diujikan pada mitra UMKM di Purbalingga yaitu Alima Makmur, unit usaha yang bergerak di bidang penjualan cat. Guna mengetahui lebih dalam manfaat yang didapat dari implementasi ini maka dilakukan kepada UMKM lain yaitu Forum ecoprint Purbalingga. Adapun hasilnya 4 dari 5 mitra UMKM Forum ecoprint telah berhasil dalam kemandirian penggunaan aplikasi post of sales.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arsa, Daniel, and Hafiz Nugraha. 2020. “Analisis Tingkat Kesadaran Penggunaan Free/Open Source Software (FOSS) Pada Lembaga Pendidikan Indonesia.†JUSS (Jurnal Sains Dan Sistem Informasi) 3(1):26–31.

Derman, S.T, M.T, Harmini, ST., M. En. 2018. “Model Sistem Informasi Monitoring Perkuliahan Fakultas Teknik Universitas Semarang Berbasis Web.†ELEKTRIKAL 10(2):42–50.

Fuadi, M. Z. R. H., and A. Diniyanto. 2022. “Evaluasi Sistem Cash On Delivery : Demi Meningkatkan Kepastian Hukum Dalam Perkembangan Transaksi Elektronik DI Indonesia Evaluation Of Cash On Delivery System For Improvung Legal Certainy In The Development Of The Electronic Transactions In Indonesia.†IPMHI Law Journal 2(2):251–64.

Ika Purnama, Nadia, Linzzy Pratamu Putri, Rahmad Bahagia, and Jl Kapten Mukhtar Basri No. 2021. “Analisis E-Commerce Dalam Membantu Penjualan UMKM Di Tengah Pandemi.†Ekonomikawan: Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Studi Pembangunan 21(2):194–200.

Inderawati, Maria Magdalena Wahyuni, Endang Sulistyaningsih, Benedictus Elnath Aldi, Adji Pratikto, Efendi, Teresia Angelia Kusumahadi, Yanuar Nanok, Irenius Dwinanto Bimo, and Engelbertha E. Silalahi. 2021. “Penyusunan Modul Rencana Keberlangsungan Bisnis Bagi UMKM Indonesia Untuk Merespon Dampak Pandemi Covid-19.†Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 27(3):238–46.

Linarti, Utaminingsih, and Feby Zarratina Hadi. 2018. “Analisis Kinerja Layanan Kasir Pada Sistem Antrian G(t)/G(t)/S : Studi Kasus Supermaket ‘XYZ’ Yogyakarta.†JISI: Jurnal Integrasi Sistem Industri 5(1):19–25.

Murdiani, Deni, Anton Yudhana, and Sunardi Sunardi. 2020. “Implementasi Agile Method Dalam Pengembangan Jurnal Elektronik Di Lembaga Penelitian Non Pemerintahan (NGO).†Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer 7(4):709–18.

Ristriana Pattisinai, Amanda, and Muniatun Khoirun Nisa. 2019. “Proses Distribusi Dan Strategi Optimasi Pengiriman Paket Dan Dokumen Dalam Negeri Pada Kantor Pos Besar Surabaya Utara 60000.†Jurnal Manajemen Aset Infrastruktur & Fasilitas 3(1):37–49.

Sholicha, Nikmatus, and Renny Oktafia. 2021. “Strategi Pemasaran Dalam Upaya Peningkatan Omset Penjualan UMKM Desa Sumber Kembar, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto.†Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam 7(2):1156–65.

Suyadi, Syahdanur, and Susie Suryani. 2018. “Analisis Pengembangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Di Kabupaten Bengkalis-Riau.†Jurnal Ekonomi KIAT 29(1, Juni):1–10.

Downloads

Published

2023-06-29

How to Cite

Prasetyo, N. A., Bahtiar, A. R., Febriani, A., & Saputra, W. A. (2023). PENERAPAN APLIKASI POINT OF SALES PADA UMKM FORUM ECOPRINT PURBALINGGA. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 7(1), 17-22. https://doi.org/10.22437/jkam.v7i1.21453

Issue

Section

Articles