Penerapan Pembelajaran Interaktif Melalui Kukerta Terintegrasi dengan Menggunakan Aplikasi Canva Di Sekolah Dasar Negeri 002 Desa Tambak Kabupaten Pelalawan

Authors

  • Eko Prianto Universitas Riau
  • Yuannito Rick Yorda Sitinjak Universitas Jambi
  • Rizki Fahreza Universitas Riau
  • Owen Rivaldi Sinaga Universitas Riau
  • Melza Adika Putri Universitas Riau
  • Della Oktaviana Universitas Riau
  • Mega Sri Devi Simanjuntak Universitas Riau
  • Wulan Guritno Universitas Riau
  • Alifa Khansa Sofian Universitas Riau
  • Yayang Febri Yela Universitas Jambi
  • Risma Amelia Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.22437/jkam.v6i2.20528

Keywords:

Sistem pembelajaran, aplikasi canva, SDN 002 Desa Tambak

Abstract

Sekolah merupakan lembaga pendidikan formal yang didirikan dengan tujuan untuk membantu peningkatan dan perkembangan taraf kehidupan melalui pendidikan. Sekolah memiliki peranan yang cukup besar dalam melahirkan pemikir dan pemimpin bangsa yang akan membawa kepada kemajuan. Sekolah Dasar 002 Desa Tambak menjadi tempat yang dipercaya oleh masyarakat untuk mengantarkan putra-putrinya mengenyam pendidikan yang layak. Untuk lebih mengoptimalkan dan meningkatkan mutu pendidikan yang diberikan, maka diperlukan usaha-usaha pemberdayaan. Salah satu usaha yang dilakukan adalah memberikan pelatihan penggunaan aplikasi media pembelajaran yang interaktif dan kekinian. Tujuan dari pengabdian ini sendiri antara lain yaitu, a) menambah pengetahuan, keterampilan, dan kreatifitas para guru dalam menyampaikan materi kepada siswa, b) membantu para guru untuk menciptakan suasana belajar yang interaktif, c) memanfaatkan kemajuan teknologi untuk diaktulisasikan ke dalam proses pembelajaran untuk menciptakan siswa-siswa yang berprestasi. Pemberdayaan ini akan memberikan manfaat positif yang berkepanjangan bagi guru, siswa, dan masyarakat Desa Tambak secara keseluruhan. Kegiatan pengabdian ini pula juga memberikan manfaat kepada tenaga penyuluh dan Perguruan Tinggi. Sasaran dari kegiatan ini adalah majelis guru SDN 002 Desa Tambak, dan dari hasil kegiatan yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa para guru memiliki antusias yang tinggi untuk menggunakan aplikasi belajar dan mampu untuk menggunakannya sebagai salah satu media belajar yang efektif kedepannya. Dengan adanya KUKERTA terintegrasi ini kemampuan guru terkait metode pembelajaran yang lebih baik dapat ditingkatkan lagi. Ini menujukkan bahwa sentuhan Iptek melalui KUKERTA terintegrasi mampu mengakselerasi kemampuan guru didalam belajar mengjar di SDN 002 Desa Tambak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Djamaluddin, A., & Wardana. (2019). Belajar Dan Pembelajaran 4 Pilar Peningkatan Kompetensi Pedagogis. Pare-Pare: CV. Kaaffah Learning Center.

Budiman, H. (2017). Peran Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 13.

Gunawan, & Ary, H. (2010). Sosiologi Pendidikan Suatu Analisis Sosiologi Tentang Pelbagai Problem Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Maani, K. (2011). Teori ACTORS dalam Pemberdayaan Masyarakat. Jurnal Demokrasi, 14.

Paris, Rusmayadi, R., Annia, N., Apriliyanti, M., & Khafifah. (2022). Penggunaan Media Pembelajaran Pada Pembelajaran Daring Di Sdn 1 Banua Jingah Kecamatan Barabai. ICELLA, 8.

Pelangi, G. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Jenjang SMA/MA. Jurnal Sasindo Unpam, 18.

Sari, N. W., & M.Si., F. P. (2017). Peran Kultur Sekolah Dalam Membangun Prestasi Siswa Di MAN 1. Jurnal Pendidikan Sosiologi, 15.

Tanjung, R. E., & Faiza, D. (2019). Canva Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik Dan Elektronika. VOTEKNIKA, 7.

Downloads

Published

2022-12-12

How to Cite

Prianto, E., Sitinjak, Y. R. Y., Fahreza, R., Sinaga, O. R., Putri, M. A., Oktaviana, D., Simanjuntak, M. S. D., Guritno, W., Sofian, A. K., Yela, Y. F., & Amelia, R. (2022). Penerapan Pembelajaran Interaktif Melalui Kukerta Terintegrasi dengan Menggunakan Aplikasi Canva Di Sekolah Dasar Negeri 002 Desa Tambak Kabupaten Pelalawan . Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 6(2), 291-301. https://doi.org/10.22437/jkam.v6i2.20528