Pemasaran Online Home Industri di Kota Demak

Authors

  • Leonardo Budi Hasiholan Universitas Pandanaran, Indonesia
  • Dheasey Amboningtyas Universitas Pandanaran, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.22437/jkam.v6i1.19558

Abstract

Tujuan dari Pengabdian adalah pelaksanaan sosialisasi dan pelatihan dalam bentuk pengabdian masyarakat yang diharapkan mampu menjadi wujud implementasi program Pendidikan Kecakapan Hidup/kewirausahaan dalam spektrum pedesaan dengan pendekatan kerjasama dengan mitra (industri/Pemda) dalam ikut serta membantu persoalan-persoalan masyarakat. Program Tri Darma Perguruan Tinggi dalam bentuk Pengabdian pada masyarakat ini dimaksudkan untuk mengembangkan sumberdaya manusia dan lingkungan yang dilandasi oleh nilai-nilai budaya dan pemanfaatan potensi lokal. Melalui program pengabdian pada masyarakat ini diharapkan terbentuk kawasan desa yang menjadi sentra beragam ketrampilan yang mendatangkan keuntungan secara finansial yang pada akhirnya mampu menyejahterakan masyarakat sekitar. Banyaknya yang ada oleh masyarakat desa dapat dikembangkan menjadi suatu produk yang dapat mendongkrak perekonomian dan mengurangi pengangguran Industri pengolahan pangan memiliki peran besar dalam penyerapan tenaga kerja, peningkatan pendapatan masyarakat desa, dan membantu pertumbuhan ekonomi wilayah agar dapat tercapai keseimbangan antara pertumbuhan ekonomi di pedesaan dan di perkotaan. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah ToT (training of training) yaitu semacam pelatihan dari narasumber kepada perserta langsung. Secara jangka panjang maka hasil dari pelatihan dilakukan pengawasan dan evaluasi untuk perkembangannya. Luaran ini adalah sistem pemasaran baik online maupun pengenalan langsung kepada masyarakat yang akan meningkatkan penghasilan. Dengan demikian, warga masyarakat dapat belajar dan berlatih menguasai keterampilan yang dapat dimanfaatkan untuk bekerja atau menciptakan lapangan kerja sesuai dengan sumberdaya yang ada.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-06-30

How to Cite

Hasiholan, L. B., & Amboningtyas, D. (2022). Pemasaran Online Home Industri di Kota Demak. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 6(1), 172-178. https://doi.org/10.22437/jkam.v6i1.19558