Pendampingan Pembuatan Bahan Ajar Elektronik bagi Guru di Sekolah Dasar untuk Meningkatkan Literasi Digital

Authors

  • Cecep Kustandi Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
  • Nurdin Ibrahim Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.22437/jkam.v5i3.16233

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran daring yang dinilai mendadak akibat pandemi yang melanda hampir di lebih dari 200 negara, memaksa guru untuk beralih menggunakan internet sebagai media pembelajaran bagi siswa. Minimnya panduan penggunaan teknologi dalam pembelajaran memberikan dampak terhadap proses pembelajaran khususnya di Sekolah Dasar (SD). Guru di wilayah Kecamatan Makasar, Jakarta Timur belum memiliki kesiapan dalam pembelajaran daring. Sekolah dan dinas pendidikan belum memberikan banyak pelatihan tentang penggunaan aplikasi pendukung pembelajaran daring. Oleh sebab itu, untuk meningkatkan keterampilan guru SD dalam menggunakan teknologi sebagai media pembelajaran dibutuhkan pelatihan pendampingan pembuatan bahan ajar elektronik. Kegiatan ini dapat meningkatkan literasi digital bagi guru SD di masa pandemi Covid-19. Kontribusi mendasar pada khalayak sasaran yaitu membekali  guru-guru SD dengan pengetahuan dan keterampilan dalam perancangan, pengembangan, pemanfaatan, serta penilaian terhadap pembelajaran daring. Adapun manfaat yang diharapkan dari pengabdian masyarakat ini adalah mengaplikasikan hasil penelitian yang dilakukan di perguruan tinggi kepada masyarakat secara langsung dan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru SD.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-12-21

How to Cite

Kustandi, C., & Ibrahim, N. (2021). Pendampingan Pembuatan Bahan Ajar Elektronik bagi Guru di Sekolah Dasar untuk Meningkatkan Literasi Digital. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 5(3), 415-422. https://doi.org/10.22437/jkam.v5i3.16233