Self-Directed Learning Sebagai Alternatif Pendekatan Belajar di Masa Pandemi Covid-19 di SMPN 1 Merangin

Authors

  • Melati Melati FKIP, Universitas Jambi, Indonesia
  • Radiatan Mardiah FKIP, Universitas Jambi, Indonesia
  • Nyimas Triyana Safitri FKIP, Universitas Jambi, Indonesia
  • Yulhenli Thabran FKIP, Universitas Jambi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.22437/jkam.v5i3.16209

Abstract

Pandemi covid-19 telah mengubah proses pembelajaran baik pada sisi belajar siswa ataupun sisi mengajar guru. Hal ini dikarenakan mayoritas belajar dilakukan dengan moda online atau dalam jaringan (daring). Siswa dituntut agar lebih bertanggung jawab pada proses belajarnya karena ketiadaan guru disamping mereka walau mereka tetap diberi penjelasan dan tugas secara daring agar tetap termonitor proses belajarnya. Guru dituntut agar menguasai pendekatan pembelajaran yang sesuai dengan perubahan yang terjadi, satu diantaranya adalah pendekatan pembelajaran self-directed learning. Berdasarkan hal tersebut, kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PPM) FKIP Universitas Jambi telah dilaksanakan dengan tujuan untuk memberi pelatihan dan pemahaman mengenai pendekatan belajar Self-Directed Learning (SDL) kepada guru SMPN 1 Merangin. Dengan teknik penjelasan, pemberian contoh dan modelling, dan diakhiri dengan sesi tanya jawab, kegiatan pelatihan ini telah terlaksana dengan baik. Tindak lanjut dan refleksi dari peserta juga telah didapatkan melalui angket yang disebar melalui google form. Secara umum guru-guru peserta pelatihan telah mengerti konsep dasar dan karakteristik SDL. Dengan pemahaman tersebut mereka diharapkan bisa memaksimalkan potensi penerapan SDL dalam kegiatan belajar mengajar nantinya.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-12-21

How to Cite

Melati, M., Mardiah, R., Safitri, N. T., & Thabran, Y. (2021). Self-Directed Learning Sebagai Alternatif Pendekatan Belajar di Masa Pandemi Covid-19 di SMPN 1 Merangin. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 5(3), 341-348. https://doi.org/10.22437/jkam.v5i3.16209