Iptek Bagi Masyarakat dan Pengembangan Marketing Online Pada UMKM Kabupaten Semarang

Authors

  • Cicik Harini Universitas Pandanaran
  • Abdul Rohman Universitas Ngudi Waluyo

Abstract

Kabupaten Semarang merupakan kabupaten ibu kota Jawa Tengah yang memiliki banyak pelaku UMKM baik di bidang industri kreatif maupun usaha perdagangan yang berpotensi bagus untuk dikembangkan, namun pemasaran produknya masih menggunakan konsep pemasaran tradisonal, yaitu dengan mengandalkan pemasaran secara langsung. Oleh karena itu diperlukan strategi pemasaran melalui marketing online. Mengingat kondisi pelaku UMKM masih banyak yang gagap teknologi (gaptek), maka diperlukan upaya untuk mendorong agar para pelaku UMKM mengenal dan mengimplementasikan pemasaran produknya menggunakan teknologi informasi melalui kegiatan Iptek Bagi Masyarakat Pengembangan Marketing Online Pada UMKM Kabupaten Semarang. Diharapkan melalui kegiatan ini para pelaku UMKM mampu bersaing di pasar nasional maupun internasional sesuai dengan perkembangan jaman di era teknologi saat ini dan pasar global.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-12-31

How to Cite

Harini, C. ., & Rohman, A. (2020). Iptek Bagi Masyarakat dan Pengembangan Marketing Online Pada UMKM Kabupaten Semarang. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 4(3), 701-706. Retrieved from https://online-journal.unja.ac.id/JKAM/article/view/11846