Digitalisasi Desa dan Potensi Wisata Di Desa Kerta, Kabupaten Gianyar Menuju Pariwisata 4.0

Authors

  • Bagus Putu Wahyu Nirmala Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Primakara
  • Anak Agung Istri Ita Paramitha Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Primakara

DOI:

https://doi.org/10.22437/jkam.v4i2.11273

Abstract

Desa Kerta adalah salah satu desa yang telah ditetapkan sebagai desa wisata oleh pemerintah Kabupaten Gianyar pada tahun 2018 bersama 8 desa lainnya. Terkait infrastruktur sebagai desa wisata sudah cukup siap seperti akses jalan, gapura Kebun Raya Gianyar, petunjuk arah daya tarik wisata, penataan Pucaksari Camping Ground, pembuatan jalur trekking, pembuatan jalur cycling, dan sebagainya. Meskipun baru setahun pembangunan ini tidak terlepas dari pasang surut. Saat pengusul melakukan observasi awal, masa jabatan Kepala Desa telah habis sehingga pembangunan desa wisata menjadi kurang terarah terutama terkait pemasaran. Program pemerintah terkait pemasaran desa wisata juga kurang oleh Pokdarwis. Permasalahan yang terjadi di desa mitra yakni sedikitnya pengetahuan dan kurangnya keterlibatan masyarakat dalam melakukan promosi potensi wisata dan tidak adanya fasilitas penunjang untuk memasarkan paket-paket wisata yang dikelola oleh kelompok sadar wisata di Desa Kerta. Dari permasalahan tersebut maka dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini akan mempertimbangkan 2 aspek yang akan dikerjakan diantaranya adalah aspek teknologi informasi dengan membuat website desa, website BUMDes, website penjualan paket wisata, dan pembuatan aplikasi Augmented Reality. Dalam upaya meningkatkan promosi dan pemasaran paket wisata maka akan dilakukan sosialisasi pemanfaatan website dan aplikasi yang telah dikembangkan, pelatihan pengelolaan website dan aplikasi, serta pelatihan optimasi teknologi SEO (Search Engine Optimation) dan Google My Business kepada kelompok pengelola paket wisata. Setalah pembuatan website dan aplikasi, selanjutnya dilakukan kegiatan sosialisasi bersama masyarakat mitra. Kegiatan ini dilakukan dengan memberikan informasi kepada masyarakat mitra tentang pemanfaatan website dan aplikasi yang telah dikembangkan untuk mendukung perkembangan potensi wisata dan peningkatan keterlibatan masyarakat di dalam pengelolaan desa wisata di Desa Kerta. Kegiatan pelatihan ini khusus ditujukan kepada kelompok pengelola desa wisata di Desa Kerta. Kelompok pengelola desa wisata ini bertugas sebagai administrator dengan melakukan manajemen seluruh konten pada website dan aplikasi. Pelatihan ini juga ditujukan kepada kelompok pengelola desa wisata sebagai upaya peningkatan promosi desa dan objek wisata melalui pemanfaatan teknologi SEO dan Google My Bussiness pada website yang telah dikembangkan. Target capaian dalam kegiatan program kemitraan masyarakat ini adalah peningkatan keterampilan mitra hingga 80%, peningkatan pengetahuan mitra hingga 90%.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-08-31

How to Cite

Nirmala, B. P. W. ., & Paramitha, A. A. I. I. (2020). Digitalisasi Desa dan Potensi Wisata Di Desa Kerta, Kabupaten Gianyar Menuju Pariwisata 4.0. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 4(3), 350-355. https://doi.org/10.22437/jkam.v4i2.11273