Optimalisasi Usaha Kelompok Pemuda Pengrajin Anyaman Paku Atta Dalam Upaya Pemasaran Produk Secara Online

Authors

  • Ni Made Estiyanti Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Primakara, Bali, Indonesia
  • Sephy Lavianto Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Primakara, Bali, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.22437/jkam.v4i2.10532

Abstract

Industri Anyaman Atta menempati posisi yang paling tinggi dalam data potensi perindustrian dan perdagangan Kabupaten Karangasem tahun 2017. Industri Anyaman Atta mempunyai unit usaha sebanyak 3.569 dengan jumlah penyerapan tenaga kerja sebanyak 5.838 orang. Namun pemasaran secara langsung untuk menembus pasar nasional dan internasional masih belum tercapai karena para pengrajin belum bias memanfaatkan memanfaatkan pemasaran secara online sesuai dengan perkembangan zaman sekarang.   Mitra dalam program Iptek bagi Masyarakat ini adalah Kelompok Pemuda Pengrajin Anyaman Atta Eka Genta. Kelompok Pengrajin ini berkedudukan di Banjar Desa, Desa Bungaya, Kecamatan Bebandem, Kabupaten Karangasem. Tujuan pelaksanaan pengabdian masyarakat ini adalah untuk memberikan pelatihan dan pemahaman marketing online   produk anyaman paku atta melalui media social seperti facebook dan Instagram. Metode pengabdian yang digunakan adalah metode ceramah, workshop, praktik. Hasil dari pengabdian masyarakat ini berupa media sosial online berupa facebook, Instagram dari para anggota pemuda pengrajin anyaman paku atta dan adanya peningkatan  omzet penjualan dan pelanggan dari masing-masing pengrajin.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-08-31

How to Cite

Estiyanti, N. M., & Lavianto, S. (2020). Optimalisasi Usaha Kelompok Pemuda Pengrajin Anyaman Paku Atta Dalam Upaya Pemasaran Produk Secara Online . Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 4(2), 256-263. https://doi.org/10.22437/jkam.v4i2.10532

Most read articles by the same author(s)